Mohon tunggu...
rrsaputra
rrsaputra Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis & Reporter Humas UNESA

Pencipta buku "Sajak Hujan Kelabu Berpuisi" Mahasiswa S1 Sastra Indonesia UNESA

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menyikapi Problematika "Who I am?"

8 Januari 2023   18:51 Diperbarui: 8 Januari 2023   19:01 166
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

"Siapakah aku? "

Dengarlah baik-baik atas opini yang akan aku sampaikan, gelar tikar dan selimut, hangatkan kembali sup kemarin malam, aku tak ingin kau membaca opini ini dalam keadaan lapar maupun dahaga.

Sedikit banyak aku ingin membahas perihal jati diri demi menuju arif nan bijaksana. Pernahkah kamu berfikir "siapa aku?", jauh dalam nalar kecilmu aku yakin engkau pernah terbesit pertanyaan demikian. Duhai jiwa yang selalu bertanya-tanya, apa yang membuat aku menjadi aku dan apa yang membuat kamu menjadi kamu? Maka jawabannya kamu yang menentukan. 

Jika terdapat sebuah kapal, sebut saja kapal Yonca, dengan segala mesin yang canggih ia berlayar gagah mengarungi lautan, suatu saat ada problematika dalam mesin-mesinnya, ia pun menepi ke pelabuhan guna memperbaiki bahkan merenovasi keseluruhan mesin-mesinnya agar dapat dipergunakan berlayar kembali sebagaimana layaknya kapal lain. 

Pertanyaannya adalah mana kapal Yonca yang asli? Sebelum ia diperbaiki atau setelah ia diperbaiki? Begitu pula kamu, apakah kamu akan tetap menjadi kamu meskipun namamu bukan seperti yang sekarang? Apakah agus akan tetap sebagai seorang Agus sekalipun namanya bukan lagi Agus? Ini tentang jati diri yang sejati, pahamilah setiap pertanyaan yang mengelilingi pikiranmu. Jadilah bijak atasnya. Dengan begitu pertanyaan "Siapa aku?" Akan segera kamu dapatkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun