Mohon tunggu...
Saparuddin S.Pd
Saparuddin S.Pd Mohon Tunggu... Penggiat demokrasi

saparuddin adalah seorang laki-laki yang berumur 29 tahun dan mulai aktif di penggiat demokrasi mulai di kuliah sampai saat ini

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Dampak Kesenjangan Sosial bagi Masyarakat

15 Januari 2020   23:12 Diperbarui: 15 Januari 2020   23:52 155 0 0 Mohon Tunggu...

Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau besar maupun kecil. Indonesia juga merupakan negara dengan jumlah penduduk terpadat ke-4 di dunia setelah China, India, Amerika.Kelahiran merupakan faktor penambahan jumlah penduduk di samping migrasi, jumlah kelahiran setiap tahun di Indonesia masih cukup besar.

Jumlah penduduk yang banyak ini jelas menimbulkan banyak masalah, antara lain kemiskinan, pendidikan dan lain-lain. Hal inilah yang memicu timbulnya permasalahan kesenjangan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, Kesenjangan ini terpicu oleh adanya kemiskinan yang merajalela dan kekurangan lapangan kerja yang disediakan pemerintah.

Dengan banyak pertumbuhan penduduk, maka bagi pihak pemerintah harus betul-betul mempersiap lapangan kerja yang mampu untuk menampung pencari kerja, namun belakangan ini sering dihebohkan dengan banyaknya tenaga asing yang bekerja di indonesia,tapi kita tidak menyalahkan pemerintah semata,boleh jadi tenaga pekerja yang dibutuhkan tidak mempunyai skill dalam melakukan pekerjaan tersebut sehingga diperlukan tenaga asing.

Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang ada di lingkungan masyarakat yang menimbulkan perbedaan mencolok di masyarakat. Kesenjangan sosial ditandai dengan adanya perbedaan kesempatan atau manfaat yang ada di masyarakat meskipun mereka berada di status sosial yang sama.

Hal ini bisa dilihat dari tidak samanya penghasilan, fasilitas, atau penghargaan yang diraih setiap individu masyarakat. Hal ini biasanya terjadi antar individu dan individu masyarakt di satu wilayah atau negara yang sama. Perbedaan ini bisa diakibatkan oleh baik dan buruknya kualitas diri seseorang atau juga kebijakan dan peraturan dari pihak eksternal, entah itu di ranah masyarakat maupun di ranah pemerintahan negara.

Ada beberapa kesenjangan sosial yang terjadi ditengah lingkungan masyarakat antara lain:Kesenjangan Sosial  Orang Kaya dan Miskin, Kesenjangan ini bisa terjadi karena faktor perbedaan penghasilan, tunjangan, dan penghargaan dari masyarakat.

Dalam kesenjangan ini, biasanya orang kaya akan jauh dipandang tinggi dibanding orang miskin belum lagi karna si kaya sebagai pembeli hasil panen di suatu daerah tersebut sehingga sesukanya membeli panen masyarakat.

Kesenjangan Sosial Terkait Fasilitas Umum,Kesenjangan ini biasanya dialami oleh kaum disaabilitas. Tidak adanya fasilitas umum yang layak untuk mereka membuat kaum difabel merasa tersisihkan dan terjauhkan dari kaum nondifabel. Pembangunan jalan atau transportasi yang layak ramah disabilitas adalah solusi untuk mengatasi kesenjangan sosial ini apalagi fasilitas kesehatan sangat jarang sekali fasilitas umum untuk bagi kaum disabilas yang disediakan di tempat umum.

Kesenjangan Sosial Terkait Kelas Sosial di Masyarakat, Kesenjangan ini terjadi antar kelas ekonomi atas dan kelas ekonomi bawah. Kesenjangan ini kurang lebih sama dengan kesenjangan sosial antara orang kaya dan miskin.

Faktor perbedaan pendapatan, tunjangan, dan apresiasi masyarakat turut andil dalam pembentukan kesenjangan ini. Kesenjangan Sosial Terkait Kualitas Pendidikan, Kesenjangan ini terjadi antara daerah penduduk terpencil dengan daerah perkotaan. Sebetulnya, kurikulum di dua daerah tersebut sama.

Hanya saja, faktor fasilitas dan kualitas pengajar menjadi faktor yang membuat kedua daerah tersebut mengalami kesenjangan sosial terkait kualitas pendidikan. Biasanya, daerah perkotaan mempunyai kualitas pendidikan yang tinggi karena ditunjang oleh kualitas pengajar dan sarana prasarana pendidikan yang memadai sedang yang dipedesaan/terpencil jangan untuk sara dan pesarana peserta didiknya masih minim dan tidak sesuai dengan diharapkan.selain pemerintah, fungsi dan peran yayasan pendidikan sangat penting dalam membenahi kesenjangan sosial pendidikan karna pendidikan paling utama itu dikeluarga, karna disekolah anak-anak hanya beberapa jam saja, sedang di keluarga anak lebih banyak berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN