Mohon tunggu...
Reno Dwiheryana
Reno Dwiheryana Mohon Tunggu... Blogger

blogger harus punya dedikasi dan harga diri. bersyukur seminim apapun keadaan. umur kian bertambah, jatah hidup di dunia semakin berkurang. mati-matian manusia demi dunia, akan tetapi dunia tidak manusia bawa mati. sebanyak apapun harta manusia tidak akan mencukupi hidup yang singkat ini.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Kapan Pandemi Coronavirus Ini Berakhir?

29 Maret 2020   09:21 Diperbarui: 29 Maret 2020   09:30 320 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapan Pandemi Coronavirus Ini Berakhir?
ilustrasi Aktivitas manusia sehari-hari (Beritasatu)

Coronavirus terus mempertunjukkan superioritasnya kepada manusia. Hingga detik ini kasus Coronavirus di dunia telah mencapai angka 662.967 dan kasus aktif sebanyak 490.163 di seluruh penjuru dunia, jumlah kematian 30.851 jiwa dan pasien sembuh 141.953. Namun perhitungan ini merupakan kondisi temporary dimana penambahan pasien positif Coronavirus terus terjadi.

Merujuk pada keadaan tersebut, di benak Penulis sekilas bertanya-tanya, "sampai kapan pandemi Coronavirus ini akan berakhir? Pertanyaan itu muncul menanggapi situasi kondisi terkini prihal wabah Coronavirus yang terjadi di Indonesia

Tentu saja kita semua mengharapkan pandemi Coronavirus ini segera usai. Segala upaya dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus maupun langkah penyembuhan bagi para pasien positif Coronavirus. Namun fakta yang terjadi saat ini tidak menunjukkan kabar baik bahwa Coronavirus ini akan berlalu dengan cepat. 

Dengan kata lain, masa pandemi Coronavirus ini kemungkinan akan memakan waktu yang cukup lama. Kemungkinan terburuk jika langkah antisipasi yang berjalan tidaklah optimal dan vaksin virus ini sama sekali belum ditemukan maka diprediksi dunia akan berhadapan dengan Coronavirus hingga akhir tahun 2020 bahkan lebih. Kondisi ini Penulis coba perkirakan menjadi berapa tahapan, antara lain :

1. Tahap Penularan
Dengan besaran kasus aktif Coronavirus yang terjadi secara bersamaan di seluruh dunia, maka sejatinya virus ini sedang melalui tahap penularan dan sedang berjalan. 

Masa penularan ini tentu saja bisa dicegah dan diminimalisir tergantung langkah konkrit atau solusi jitu yang memungkinkan penyebaran Coronavirus ini dapat berkurang secara signifikan.

Namun yang menjadi poin masalah antisipasi ini ialah seluruh dunia melakukan hal yang serupa, baik lockdown, social distancing, dan kebijakan maupun imbauan lainnya. 

Menurut Penulis, kenapa mereka tidak berupaya mencari sumber permasalahan kenapa virus ini terus menyebar luas atau melakukan langkah inovatif agar menekan penyebaran Coronavirus ini. Karena jika jumlah kasus aktif terus bertambah, maka kemungkinan besar ada langkah yang salah maupun ada hal pokok yang terlewati disana.

2. Tahap Penanggulangan
Sejalan dengan tahapan penularan yang sedang berjalan, maka saat ini seluruh negara pun sedang melakukan langkah penyembuhan terhadap pasien positif Coronavirus. Jumlah pasien positif yang terus bertambah maka dengan kata lain proses penyembuhan pun akan membutuhkan waktu yang belum bisa diperkirakan kapan selesainya.

Proses ini pun seiring berjalan dengan upaya para peneliti di dunia untuk menemukan vaksin yang ampuh guna menyembuhkan para pasien. Ketika vaksin itu ditemukan, maka seluruh dunia pun masih tetap perlu menunggu proses produksi vaksin tersebut untuk memenuhi kebutuhan mencakup seluruh negara yang terdampak pandemi Coronavirus.

3. Tahap Pemulihan
Jika Anda berpikiran vaksin Coronavirus telah ditemukan maka masa berkabung ini segera usai, alangkah baiknya jangan terlalu cepat berpikiran demikian. Selain proses penyembuhan pasien positif Coronavirus berjalan, maka seluruh dunia pun berangsur-angsur melakukan langkah pemulihan dari dampak Coronavirus berikut memastikan situasi kondisi buruk yang telah dialami tidak kembali terjadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x