Mohon tunggu...
Saniyati raudatul zanah
Saniyati raudatul zanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FISIP UHAMKA Program Studi Ilmu komunikasi

Saya harap tulisan saya bisa keterima dengan baik, sehingga saya bisa menulis artikel yang lain lagi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Nonverbal dalam Kehidupan

4 Januari 2023   20:27 Diperbarui: 4 Januari 2023   20:37 1172
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: Pinterest/Creative Market

Komunikasi  Nonverbal  yaitu pesan secara sederhana dapat kita artikan sebagai semua isyarat yang berupa kata kata (mulyana,2003).komunikasi nonverbal adalah kumpulan perilaku yang digunakan untuk menyampaikan arti (Littlejohn,20090).Juga symbol nonverbal sangat sulit diartikan dari pada simbol verbal ,pesan nonverbal tersebut lebih ke kaya makna,symbol nonverbal dapat bicara dengan seribu bahasa juga seribu arti.

Fungsi  perilaku  Nonverbal dapat kita ketahui ada 4 diantaranya :

1.Perilaku nonverbal dapat mengulagi perilaku verbal.

2. Memperteguh,menekankan atau melengkapi perilaku verbal.

3.Perilaku nonverbal dapat menggantikan perilaku verbal.

5.Perilaku nonverbal  dapat bertentangan dengan perilaku verbal .

Selain fungsi perilaku nonverbal juga ada fungsi pesan nonverbal yang dapat kita ketahui agar kita tahu dan bisa mengerti disaat lawan bicara kita apabila menggunakan pesan nonverbal tersebut.diantaranya

Fungsi pesan nonverbal diantaranya ada 6 fungsi yaitu:

1.Faktor-faktor nonverbal sangat menentukan makna dalam komunikasi interpersonal  seperti yang kita lakukan dalam sehari hari contohnya jika kita mengobrol  secara langsung pasti kita akan bertatap muka sehingga sampai ke kontak mata juga.

2.Perasaan dan emosi lebih cermat disampaikan lewat pesan nonverbal dibanding verbal terkadang kita kan gengsi untuk mengungkapkannya secara langsung disitulah kita bisa menggunakan pesan nonverbal contoh saya diajak pergi kemall disitu saya ditawarkan sepatu oleh ayah saya nah disitu saya hanya terdiam dan juga saya hanya memberikan jempol tetapi ayah saya mengerti dari bahasa nonverbal saya gunakan .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun