Mohon tunggu...
Alamsyah
Alamsyah Mohon Tunggu... verba volent scripta manent

Lisan Terbang, Tulisan Menetap

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Lagu Penyemangat Puasa Itu, "Perdamaian" Versi Rock

22 April 2021   20:52 Diperbarui: 22 April 2021   21:05 501 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu Penyemangat Puasa Itu, "Perdamaian" Versi Rock
Grup kasidah Nasida Ria. Foto: Kompas.com

Puasa identik dengan ketahanan fisik. Untuk membangkitkan semangat, mari kita dengarkan lagu Rock yang memiliki kecepatan, kekuatan dan gairah penyemangat berpuasa.

Pada tahun 1982 lalu, puasa Ramadan saya selalu diperdengarkan lagu-lagu religi seperti dari grup musik Nasida Ria. Pada album Volume ke-5 terdapat lagu bertajuk "Perdamaian". Lagu tersebut populer sekali pada masa itu. Iramanya kasidah. Liriknya seperti ini.

Perdamaian, perdamaian [4x]
Perdamaian, perdamaian [4x]
Banyak yang cinta damai tapi perang semakin ramai [2x]
Bingung bingung ku memikirnya [4x]
Perdamaian, perdamaian [4x]
Banyak yang cinta damai tapi perang semakin ramai [2x]
Wahai kau anak manusia ingin aman dan sentosa
Wahai kau anak manusia ingin aman dan sentosa
Tapi kau buat senjata biaya berjuta juta
Tapi kau buat senjata biaya berjuta juta
Banyak gedung kau dirikan kemudian kau hancurkan
Banyak gedung kau dirikan kemudian kau hancurkan
Bingung bingung ku memikirnya 4x
Perdamaian, perdamaian 2x
Banyak yang cinta damai tapi perang semakin ramai
Bingung bingung ku memikirnya 4x.

Pada saat mendengarkan lagu milik Nasida Ria, saya yang kala itu masih duduk di bangku SMP, seperti biasa-biasa saja mendengarnya. Iramanya yang murni kasidah, membuat saya malah terlarut dalam lantunan musik religi tersebut. Puasa pun, saya habiskan dengan berdiam diri di kamar sambil mendengarkan lagu-lagu religi yang syahdu lainnya.

Namun selang 20 tahunan, lagu "Perdamaian" milik Nasida Ria yang saya dengarkan pada masa SMP, dinyanyikan ulang oleh grup band Gigi tahun 2005.

Lagu "Perdamaian" milik Nasida Ria yang diciptakan oleh H. Abu Ali Haidar itu, kemudian Gigi masukan ke dalam kantong album "Raihlah Kemenangan Repackage". Dari 12 lagu yang ada di dalam album ini, dua lagu menjadi andalan yakni "Perdamaian" dan "I'tiraf".

Kedua lagu yang sejatinya sarat dengan irama marawis itu dibesut menjadi sangat rock ultra modern khas GIGI namun tanpa kehilangan jati diri lagu itu.

Berbeda masa dan usia. Saat mendengarkan "Perdamaian" ala Armand Maulana Cs, saya yang telah dewasa pada 2005 silam, seakan menemukan semangat baru ketika mendengarkan lagu itu.

Semangat saya muncul karena lagu "Perdamaian" yang dinyanyikan band Gigi, memiliki tempo dan irama yang jauh lebih cepat. Pukulan drum Gusti Hendy yang menggantikan Budhy Haryono terasa sekali hentakannya, membuat kepala, tangan dan kaki ikut digerakan. Begitu juga dengan raungan gitar Dewa Budjana ditimpali cabikan bass Thomas Ramdhan, lagu "Perdamaian" membakar semangat saya.

Dan ketika lagu "Perdamaian" ala Gigi itu saya putar ulang di kala bulan puasa, semangat saya lagi-lagi muncul. Ditambah dengan suasana yang khusyuk, saya bernostalgia juga ketika lagu itu masih dinyanyikan oleh Nasida Ria.

Lagu kasidah "Perdamaian" milik Nasida Ria, selain band Gigi, ada juga musisi dan penyanyi lain yang membuat covernya dalam versi Metal. Salah satu yang menyita perhatian saya adalah yang dibawakan Evant Gitara feat Tiwi Agustin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x