Mohon tunggu...
Alamsyah
Alamsyah Mohon Tunggu... verba volent scripta manent

Lisan Terbang, Tulisan Menetap

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pekerjaan Perempuan di Kala Ramadhan

12 April 2021   17:00 Diperbarui: 12 April 2021   17:06 406 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pekerjaan Perempuan di Kala Ramadhan
Pekerjaan perempuan di kala Ramadhan salah satunya berjualan takjil. Foto: gobiz.co.id

Ramadhan 1442 H sebentar lagi tiba. Kesibukan menyongsong datangnya bulan suci ini mulai terlihat.

Geliat kesibukan menyongsong bulan suci Ramadhan, setiap tahunnya bisa dilihat dari aktivitas yang dilakukan perempuan. Beberapa hari sebelum puasa, ibu-ibu rumah tangga khususnya, sudah mulai sibuk melakukan pekerjaan perempuan.

Untuk mengawali hari pertama puasa, para perempuan sibuk berbelanja, memasak beragam olahan makanan, berbenah, dan pekerjaan lain yang tak tersentuh oleh para suami mereka.

Pekerjaan perempuan dalam menyambut bulan puasa, terutama saat berbelanja bermacam kebutuhan, dapat saya saksikan sendiri di Plaza Baru Ciledug, Tangerang Kota. Di lokasi itu terdapat pasar sayur mayur di lantai bawah.

Saya sengaja menemui seorang ibu rumah tangga yang sedang berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar tersebut.

Saya sengaja menanyakan, khusus hari ini, Senin (12/4), ibu tersebut berbelanja untuk keperluan apa selain untuk sehari-hari.

"Besok katanya kan sudah puasa, jadi saya belanja untuk makanan sahur nanti malam. Selain itu ada juga sih yang saya beli untuk sehari-hari." Ujar seorang ibu rumah tangga bernama Sari.

Setelah membeli seluruh kebutuhan di pasar, Ibu Sari menjelaskan kalau dirinya akan melanjutkan pekerjaannya di rumah.

"Habis belanja ya saya masaklah di rumah. Untuk makan sahur pertama, biasanya saya masak yang istimewa supaya anak-anak semangat bangun sahur dan puasanya." Jelas perempuan berkaca mata itu.

Kegiatan Ibu Sari tadi adalah potret dimana kaum perempuan lebih sibuk dibandingkan kaum laki-laki dalam menyambut bulan puasa.

Para perempuan memang memiliki pekerjaan lebih banyak dan lebih berat dibandingkan laki-laki. Bukan hanya untuk pekerjaan sehari-hari saja, untuk menyambut bulan puasa, pekerjaan mereka juga bertambah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN