Mohon tunggu...
San Edison
San Edison Mohon Tunggu... Jurnalis - Sahabat Pena

Pemuja Senja

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Label Destinasi Wisata Super Premium Layak untuk Labuan Bajo

22 November 2022   19:54 Diperbarui: 22 November 2022   20:00 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wisatawan menikmati sunset di Labuan Bajo. (foto: san edison)

Paras Labuan Bajo kini semakin menawan. Kota kecil di ujung barat Pulau Flores itu tak lagi kumuh seperti belasan tahun lalu.

Sebagian besar ruas jalan utama di ibu kota Kabupaten Manggarai Barat itu, sudah ditata. Beberapa jalan baru juga telah dibuka, bahkan dihotmix.

Soal objek dan spot wisata dalam kota, jangan tanya lagi. Sebagian besar sudah bersolek. Seperti Gua Batu Cermin hingga kawasan Puncak Waringin.

Bukan itu saja. Sebab kawasan pesisir di utara kota, yang beberapa tahun lalu terlihat sangat kumuh dengan pelabuhan serta pasar dan tempat pemotongan ikan yang jorok, kini sudah dipercantik.

Sekarang sudah ada kawasan kuliner yang tertata rapi hingga hotel megah di Kampung Ujung. Ada juga marina hingga waterfront di Kampung Tengah.

Khusus Waterfront Labuan Bajo, beberapa kali acara besar telah berlangsung di sini. Sejumlah penyanyi bahkan pernah manggung di salah satu ikon baru Labuan Bajo itu. Seperti Andmesh Kamaleng, Citra Scholastika, Shaggy Dog, Ivan Nestorman, hingga MukaRakat.

Labuan Bajo, bahkan menjadi salah satu kota kecil yang cukup sering dikunjungi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Yang terakhir, Kepala Negara bersama Ibu Negara dan sejumlah menteri bertandang ke Bumi Komodo itu pada 21 Juli 2022.

Kala itu, Presiden Joko Widodo meresmikan perluasan Bandara Komodo Labuan Bajo. Selanjutnya juga meresmikan penataan Kawasan Waterfront - Marina Labuan Bajo.

Ya, Presiden Joko Widodo memang cukup beralasan selalu berkunjung ke Labuan Bajo. Sebab sejak memberikan Labuan Bajo label destinasi wisata super prioritas, pemerintahan Presiden Joko Widodo melakukan penataan besar-besaran di Labuan Bajo.

Mulai dari pelebaran ruas jalan utama, pembuatan pedestarian, pembangunan pelabuhan baru, penataan kawasan kuliner, perluasan bandara, penataan waterfront dan marina, hingga penataan kawasan dan objek wisata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun