Mohon tunggu...
Sandi Aprilian
Sandi Aprilian Mohon Tunggu... Wiraswasta - wirausaha

Astrophile

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Bule Cantik Asal Catalonia Mempertahankan Bahasa Indonesia

24 Februari 2023   08:00 Diperbarui: 8 Maret 2023   08:48 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber gambar (Gosumut.com)

Sore tadi saya berniat ingin menghubungi teman saya bernama Bayu, untuk menanyakan perihal pekerjaan. Lalu saya mengambil handphone di saku dan membuka aplikasi whatsapp. saya geser ke bagian kontak lalu men-scroll ke susunan kontak dari "B" dan saya temukan kontak bernama "Bayu SMK".

Di bawah kontak Bayu ada nomor yang sudah lama tidak saya hubungi, entah masih aktif atau tidak karena kontak tersebut tidak menampilkan photo. Dia adalah teman saya dari  negeri yang sangat jauh, kontak tersebut diberi nama "Bertha Catalunya"

Bertha adalah seorang wanita cantik asal Catalonia yang mengunjungi tanah air pada tahun 2019 awal. Teman dari teman saya memiliki tempat kursus Bahasa Inggris dan biasanya menyediakan tempat tinggal sementara untuk bule-bule volunteer (dibaca: Valen'tiir). 

Volunteer yang dalam Bahasa Indonesia artinya 'sukarelawan' sebutan untuk pelancong luar negeri memberikan edukasi ke instansi pendidikan formal seperti sekolah atau non formal tempat kursus.

Biasanya mereka berbagi wawasan tentang penggunaan Bahasa Inggris. Selain memberikan pengetahuan, tujuan lainnya memberikan pengalaman kepada murid-murid berinteraksi langsung dengan orang luar.

Para turis bersedia menjadi volunteer dengan tujuan tersendiri seperti mencoba sesuatu yang baru, melakukan kegiatan yang bermanfaat, berkenalan dengan orang-orang baru dan mendapatkan pengalaman tentang cara hidup yang berbeda dari tempat yang mereka kunjungi.

Teman saya bernama Wandi, memperkenalkan saya kepada Bertha, lalu kita pergi mengunjungi tempat ngopi. Saat di perjalanan menuju tempat ngopi, kami berbincang dengan Bertha, salah satu pertanyaan kami yaitu mengenai status tempat tinggalnya.

Saya yang beranggapan bahwa Catalonia adalah kota di Spanyol mendapat pencerahan saat itu. Bertha menjawab bahwa Catalonia adalah Negara dengan Barcelona sebagai ibu kota negara tersebut. Catalan menjadi bahasa ibu Negara tersebut.

Lalu kenapa Klub sepak bola Barcelona tergabung di La Liga yang merupakan kasta tertinggi piramida divisi liga Spanyol. Bertha yang bukan penggemar sepak bola tidak bisa memberi alasan yang tepat untuk persoalan itu.

Kemudian kami tiba di coffee shop ternama di Cianjur. Bertha terpukau melihat situasi tempat ngopi yang ramai. Pandangan para pengunjung tertuju pada kita bertiga tapi fokus mereka lebih terpaku pada Bertha yang memiliki tinggi sekitar 180 cm dan kulit eksotis ciri khas bule. Maka tak heran dia menjadi pusat perhatian saat itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun