Mohon tunggu...
samuel samosir
samuel samosir Mohon Tunggu... Mahasiswa

#

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Prospek Ke Depan Pembangunan Lingkungan Hidup

29 Januari 2020   19:09 Diperbarui: 29 Januari 2020   20:35 26 0 0 Mohon Tunggu...

Lingkungan hidup adalah ruang yang ditempati oleh suatu makhluk hidup bersama dengan benda hidup dan benda tak hidup. Keberadaan lingkungan hidup sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Apabila terjadi kerusakan lingkungan hidup maka kehidupan manusia juga akan terganggu. Dari perspektif lingkungan, keberhasilan pembangunan tidak hanya diukur dari besarnya pertumbuhan ekonomi dan tercapainya pemerataan tetapi juga kelestariannya lingkungan di mana pembangunan itu berlangsung. Jika lingkungan rusak maka sumber-sumber (resources) untuk pembangunan itu sendiri akan semakin menipis dan langka. Lingkungan sebagai tempat hidup akan terasa sesak dan tidak nyaman. Dengan demikian maka kerusakan lingkungan akan mengancam tidak saja terhadap keberlanjutan pembangunan itu sendiri tetapi juga akan mengancam eksistensi manusia.

Menurut Sudharto P. Hadi (1998) terdapat empat prisnsip untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang meliputi: pemenuhan kebutuhan dasar (fulfillment of human needs), pemeliharaan lingkungan (maintenance of ecological integrity), keadilan sosial (sosial equity) yang berupa keadilan untuk generasi yang akan datang, dan kesempatan untuk menentukan nasib sendiri (self determination) yang meliputi pula unsur partisipatori demokrasi.

Untuk melindungi lingkungan hidup dari kerusakan akibat berbagai upaya aktivitas pembangunan maka perlu adanya upaya pengelolaan lingkungan hidup. Upaya pengelolaan lingkungan hidup dapat dilaksanakan melalui kegiatan 7 Program Pokok dan 6 Program Penunjang.

Program pokok pengelolaan lingkungan hidup adalah:

1). Program inventarisasi dan evaluasi sumber daya alam dan lingkungan hidup.

2). Program penyelamatan hutan, tanah, dan air.

3). Program rehabilitasi lahan kritis.

4). Program pembinaan dan pengelolaan lingkungan hidup.

5). Program pengendalian pencemaran lingkungan.

6). Program pembinaan daerah pantai.

7). Program pengembangan sumber daya manusia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN