Mohon tunggu...
Samuel Hakaru
Samuel Hakaru Mohon Tunggu... Penyuka Disney Princess

Membaca adalah bagian dari rutinitasku

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menjadi Kepala Sekolah Terbaik bersama Tanoto Foundation

28 Juni 2019   15:27 Diperbarui: 28 Juni 2019   16:05 83 1 1 Mohon Tunggu...


Jika sekolah adalah sebuah kapal yang sedang berlayar, maka Kepala Sekolah merupakan nahkodanya. Tentunya, sebagai seorang nahkoda, kepala sekolah memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam menentukan arah dan tujuan kapal tersebut. Nahkoda memiliki otoritas penuh dalam menentukan kemana kapal akan berlabuh. Inilah yang terjadi dalam ruang pendidikan sekolah, kesuksesan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan Kepala Sekolah. Kepala Sekolah merupakan ujung tombak utama dalam menciptakan sekolah yang efektif dan efisien bagi peserta didik. Tugas dan tanggung jawab ini harus disertai dengan pemahaman bagaimana menjalankan peran Kepala Sekolah yang mampu membawa perubahan pendidikan ke arah yang lebih baik. 

Kepala Sekolah harus mampu menjaga konsistensi pembelajaran aktif di sekolah, yang memungkinkan peserta didik untuk turut dalam pembelajaran. Konsistensi pembelajaran ini harus dimulai dari Kepala Sekolah itu sendiri. Inilah yang dilakukan oleh Ibu Murniati Nasution, Kepala Sekolah Dasar Negeri 122375 Pematang Siantar yang terpilih sebagai kepala sekolah terbaik. Beliau secara tekun menerapkan praktik baik Program PINTAR Tanoto Foundation di sekolahnya. Ibu Murniati selalu mengikuti pelatihan kepemimpinan Kepala Sekolah Tanoto Foundation, serta menerapkan dengan konsisten praktik-praktik baik ini. Beliau memaparkan dengan jelas bagaimana pelatihan Tanoto Foundation mengubah cara kepemimpinannya sebagai seorang Kepala Sekolah.

"Saya sering mengikuti pelatihan namun tidak ada tindak lanjut implementasinya. Pelatihan Tanoto Foundation sangat berbeda. Sejak awal pelatihan kami, sudah berlangsung berpraktik, kami juga didampingi agar dapat menerapkannya dalam pembelajaran" ujar Murniati pada Kompas (31/05) 

Tanoto Foundation merupakan Yayasan filantropi yang sangat peduli terhadap kualitas pendidikan di Indonesia. Tanoto Foundation melalui program STEP (School Transition and Empowerment Project) melakukan pelatihan bagi para Kepala Sekolah di berbagai pelosok negeri. STEP merupakan program peningkatan kualitas guru dan kepemimpinan kepala sekolah, melalui forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG). Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan management skill dari para Kepala Sekolah. Tentu, ini bertujuan untuk membangun kemandirian sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan berkelanjutan. Berbagai pelatihan inilah yang mengasah kemampuan dan keterampilan Ibu Murniati dalam memimpin SD 122375 Pematang Siantar ini. 

Pengalaman Ibu Murniati dalam mengikuti pelatihan Tanoto Foundation membawa perubahan pembelajaran di sekolahnya. Dengan konsistensi, beliau menghimbau para guru untuk menerapkan pembelajaran aktif di dalam kelas, tidak ada lagi mengajar dengan metode ceramah. Anak-anak difasilitasi untuk belajar dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Anak-anak diajak untuk berpikir kritis melalui berbagai metode program PINTAR dari Tanoto Foundation. Selain itu, budaya baca juga diterapkan sebagai kegiatan wajib di sekolah Ibu Murniati. Kini, sekolah tersebut sudah memiliki kebiasaan membaca buku dengan adanya pojok baca di dalam kelas.

Secara lebih dalam, pengalaman Ibu Murniati dapat disimak dalam video youtube berdurasi 4 menit 24 detik ini. Ibu Murniati memaparkan dengan rinci tentang bagaimana menjadi kepala sekolah terbaik. Melalui video tersebut juga dapat diambil kesimpulan bahwa peran keluarga dan masyarakat juga sangat diperlukan untuk mensukseskan pendidikan di sekolah. Ada yang berminat menjadi kepala sekolah terbaik? Yuk, simak video Ibu Murniati diatas.

VIDEO PILIHAN