Mohon tunggu...
Samsul Bahri
Samsul Bahri Mohon Tunggu... Dosen - Penulis dan Penjelajah

Pengajar dan Pengamat Konservasi Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Artikel Utama

Kalau di Papua Ada Raja Ampat, di Aceh Ada Pulau Banyak

10 Desember 2022   08:02 Diperbarui: 18 Desember 2022   17:45 3212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Anak-anak yang ceria setiap saat/Foto: Dokumentasi Pribadi

Pulau banyak dikenal dengan pantainya yang indah, untuk mendapatkan itu semua kita juga harus menuju akses yang tidak mudah. 

Sekitar 12 jam dari Banda Aceh ditambah Empat jam menyebrang dari Kota Singkil merupakan jarak yang cukup melelahkan, namun semuanya akan terbayar ketika anda tiba di Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil

Terletak di Kabupaten Aceh Singkil, Kepualauan Banyak terdiri dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat. 

Berjumlah tujuh desa, kedua kecamatan terpisah daratan karena sejatinya merupakan gugus kepulauan yang terdapat di Provinsi Aceh. Jika anda pernah mendengar Kepulauan Seribu di Jakarta, atau Karimun Jawa di Semarang dan Raja Ampat di Papua.

Maka, Kepulauan Banyak serupa dengan itu semua. Luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 ha dan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Surga kecil yang jatuh ke bumi/Foto: Dokumentasi Pribadi
Surga kecil yang jatuh ke bumi/Foto: Dokumentasi Pribadi

Pulau Banyak layaknyak serpihan surga yang terjatuh ke bumi. Memiliki pemandangan pantai dan terumbu karang yang indah, merupakan tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin menjauh dari hiruk pikuk pekerjaan atau sekedar berlibur bersama para sahabat atau rekan kerja.

Sebagai wilayah kepulauan, jangan bertanya bagaimana kondisi sosialnya. Masyarakat yang ramah dan anak-anak yang bermain di pinggir dermaga adalah pemandangan lumrah yang akan sering kita jumpai diwilayah ini. 

Uniknya, semua anak masih bermain dengan riang tanpa menghiraukan gadget seperti anak kota kebanyakan yang sering kita temui.

Makanan khas hanya ada di Pulau/Foto: Dokumentasi Pribadi
Makanan khas hanya ada di Pulau/Foto: Dokumentasi Pribadi

Terdapat berbagai macam makanan yang hanya akan kita temukan di Pulau Banyak. Seperti panekui, bolu dan roti tapai yang sangat cocok dijadikan sebagai sarapan pagi ditemani segelas kopi. 

Kebanyakan kopi yang jajakan adalah kopi tubruk khas daerah pulau dengan kekentalan dan kekuatan kafein yang super. Biasanya disajikan untuk para warga yang dominan berprofesi sebagai nelayan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun