Mohon tunggu...
Elang Salamina
Elang Salamina Mohon Tunggu... Serabutan

Ikuti kata hati..itu aja...!!!

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Bung Hatta, Wapres yang Tak Mampu Beli Sepatu Idaman, dan Pernah Tinggal di "Rumah Setan"

16 Agustus 2020   13:37 Diperbarui: 16 Agustus 2020   13:39 289 25 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bung Hatta, Wapres yang Tak Mampu Beli Sepatu Idaman, dan Pernah Tinggal di "Rumah Setan"
Historia

JANGAN sekali-kali melupakan sejarah (Jas Merah), itulah sebuah kalimat legendaris, yang pernah terlontar dari Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Sukarno. 

Tentu jika dimaknai lebih mendalam, ucapan Bung Karno--sebutan dari lain Ir. Sukarno ini meminta pada segenap generasi masa depan bangsa untuk tetap mengingat tentang apa yang terjadi dimasa lampau. 

Namun, tentu maksudnya bukan sekadar mengingat saja, karena kalau sekadar mengingat dan cuma ingin tahu, kita cukup mencari referensi atau membaca buku sejarah. 

Maksud Bung Karno, tentunya ingin para generasi yang akan datang bisa memahami sejarah. Kemudian, memetik pelajaran dari apa yang terjadi di masa lalu, agar hidup kita jauh lebih baik dan bermanfaat bagi orang banyak. Betapapum, sejarah adalah soko guru bagi langkah kita di masa depan. 

Begitu banyak peristiwa-peristiwa sejarah yang telah terjadi, sejak Negara Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945 silam. Salah satunya adalah muncul dua tokoh bangsa, untuk kemudian didaulat sebagai bapak proklamator kemedekaan RI. Mereka adalah Bung Karno dan Bung Hatta

Tak hanya itu, saking dekatnya sosok ini sempat disebut-sebut sebagai dwi tungga Republik Indonesia. Artinya, meski beda sosok, tapi satu dalam pemikiran, visi dan misi. 

Bicara tentang Bung Karno, siapapun warga negara Indonesia paham, bahwa dia adalah pendiri bangsa ini atau the founding father Bangsa Indonesia. 

Kegigihan, keuletan, keberanian, kecerdasan serta pengorbanannya untuk bangsa ini sudah tak perlu diragukan. Bung Karno adalah putra sang fajar, yang mampu menerangi jiwa-jiwa manusia Indonesia untuk tetap bisa melangkah jauh ke depan. 

Karena superioritasnya Bung Karno dalam berjuang, membela dan membangun bangsa, kadang membuat orang lupa. Sebetulnya di tanah air ini masih banyak sosok-sosok penting yang juga tidak kalah berjasa. Diantaranya, mereka itu adalah Sutan Syahrir, KH. Agus Salim, Moh. Roem, dan tentu saja Bung Hatta. 

Nah, dalam kesempatan ini, izinkan penulis sedikit mengulas tentang kisah hidup dari Bung Hatta. 

Dalam buku-buku sejarah atau sumber berita yang pernah penulis baca, Bung Hatta dikenal sebagai sosok yang sangat bersahaja. Jauh dari kata hidup mewah, tidak seperti sering kita lihat dan dengar dari para pejabat di zaman ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN