Mohon tunggu...
Samini
Samini Mohon Tunggu... Guru Pembelajar

Guru yang hobi fotografi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Training Dogmit (Diklat Online Guru Melek IT)

8 Maret 2020   21:16 Diperbarui: 8 Maret 2020   21:18 12 2 1 Mohon Tunggu...

Saya pernah menuliskan tema ini pada tahun 2018, ketika pertama kali saya mengikuti training Dogmit. Training ini pulalah yang mengenalkan saya dengan Kompasiana. Training guru melek IT ini dipandu oleh sang Founder Dogmit, yaitu Bapak Sukani. Alhamdulillah beliau menjelaskan materi-materi IT dengan sangat gamblang sehingga saya merasa mudah mengikutinya.

Bulan Maret 2020 ini adalah kali ke-3 saya mengikuti training Dogmit ini. Mengapa memilih Dogmit? Karena training ini online yang bisa diikuti dari mana saja dan kapan saja, yang penting kita terkoneksi dengan internet. Meski demikian, training ini cukup disiplin dalam pelaksanaannya. Setiap tugas yang diberikan ada batas waktu pengumpulannya sehingga melatih kita untuk disiplin. Jika ingin lulus dan mendapatkan sertifikat, maka kita harus disiplin dalam mengerjakan tugas. Dengan menyelesaikan tugas itu artinya kita telah memahami materi yang diberikan.

Saya sebagai guru SD memang sibuk dengan kegiatan sehari-hari, namun demikian saya menyadari bahwa di era digital ini, di era revolusi industri 4.0  seorang guru atau siapapun harus melek IT. Jika tidak maka kita akan jauh tertinggal. Oleh karenanya saya berusaha memantaskan diri eksis di era digital ini dengan mengikuti training IT semacam ini. 

Terima kasih kepada Pak Sukani yang atas bimbingannya saya sudah mampu membuat video pembelajaran, membuat kelas online melalui Schoology, dan materi kali ini Quiz Word Interaktif. Semoga saya bisa mengikuti training ini dengan lancar sebagaimana sudah saya lakukan sebelumnya.  Semoga ilmu yang saya dapatkan bermanfaat pada diri saya sendiri khususnya, dan untuk peserta didik saya, serta dunia pendidikan pada umumnya.

VIDEO PILIHAN