Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Bhinneka Tunggal Ika

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

Ini Asal Usul Presiden Jokowi Pilih Nusantara untuk Ibu Kota

19 Januari 2022   20:37 Diperbarui: 19 Januari 2022   21:22 491 12 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa (tengah) di lokasi Ibu Kota Negara baru di  Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (Foto: Bappenas)

Indonesia kini memiliki Ibu Kota Baru bernama Nusantara yang langsung dipilih oleh Presiden Jokowi.

Mendengar Ibu Kota Negara (IKN) di Penajam, Paser utara Kalimantan Timur (Kaltim) tentunya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) ikut bangga atas Pemerintah Indonesia.

Sebagaimana yang dinyatakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan yang juga sebagai kepala Bappenas Suharso Monoarfa jika Nusantara telah dipilih oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat, 17 Januari 2022.

Begini asal usulnya nama Nusantara yang dipilih oleh Presiden Jokowi.

Dipilihnya nama Nusantara ini tentu karena nama Nusantara sudah melegenda sejak dulu. Selain itu nama Nusantara pun telah menjadi representasi bagi Indonesia khususnya dimata internasional.

Lalu apa arti dari Nusantara? Nusantara yang kini telah dijadikan sebagai Ibu Kota Negara Indonesia, diambil dari kitab Negarakertagama yang diciptakan Empu Prapanca.

Empu Prapanca sendiri adalah seorang pemeluk agama Budha yang sudah lama menetap di kerajan Majapahit sebagai penulis kitab Negarakertagama tahun 1365 M.

Sedangkan Nusantara sendiri berarti suatu konsep yang meliputi semuanya baik daerah ataupun wilayah baik darat maupun laut.

Melalui kitab karya Empu Prapanca tersebutlah kata Nusantara dapat dibedah yang meliputi dua makna yakni Nusa dan Antara. Nusa sendiri mempunyai arti pulau sedang Antara mempunyai arti keluar.

Penggunaan kata Nusantara merupakan rekomendasi Jawa kuno dari kerajaan Majapahit yang juga meliputi pulau di Asia tenggara. 

Nama Nusantara dijaman kerajaan Majapahit bukan hanya untuk wilayah Indonesia saja. Lain dari pada itu, Malaysia, Brunai dan singapura pun ikut kedalam bagian dari Nusantara kerajaan Majapahit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan