Mohon tunggu...
Samhudi Bhai
Samhudi Bhai Mohon Tunggu... Penulis - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Kompasianer Brebes Community (KBC)-68 Jawa Tengah -Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Berikut Profil Gus Yahya Yang Resmi Jadi Ketum PBNU

24 Desember 2021   15:17 Diperbarui: 24 Desember 2021   15:19 687 15 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.
Lihat foto
Yahya Cholil Staquf resmi menjadi Ketum PBNU. (Kanavino/detikcom)

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Illahi Robbi yang telah mensukseskan perhelatan akbar melalui Muktamar NU ke-34 di Lampung pada 22-23 Desember.

Sebagaimana diketahui adanya Muktamar NU 2021 bukan hanya membahas dalam Bahtsul Massail namun inti dari pada acara ini adalah pemilihan untuk Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) 2021-2026.

KH Yahya Cholil Staquf kini telah resmi menjadi Ketum PBNU sampai 5 tahun mendatang. Gus Yahya panggilan akrabnya adalah seorang Kyai Nahdlatul Ulama (NU).

Bukan sekedar itu, Gus Yahya pun pernah menjabat di Pemerintahan Kabinet Indonesia Maju yang mana tugas Gus Yaqut adalah sebagai Juru Bicara (Jubir) Kepresidenan.

Berikut profil Gus Yahya dilahirkan di Kota Rembang Jawa Tengah pada tanggal 16 Februari 1966. Beliau merupakan anak dari Almarhum KH. Cholil Bisri yang juga memimpin salah satu Pondok Pesantren Raudhotut tholibin yang terkenal di Rembang Jawa Tengah.

Kyai Cholil pun merupakan salah satu orang yang berpengaruh pada jamannya. Secara Beliau adalah penggagas serta pendiri dari adanya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

KH Cholil Bisri terlahir dikalangan Ponpes lingkungan para Kyai NU. Beliau jua merupakan saudara kandung KH. Musthofa Bisri atau biasa dipanggil dengan Gus Mus.

Sedangkan Gus Mus sendiri sekarang memegang tapuk kepemimpinan atau pwngasuh dari Ponpes Raushatut Tholibin Rembang yang memiliki keponakan Menteri Agama Gus Yaqut.

Oleh karena itu Gus Yahya juga merupakan salah satu keponakan dari Gus Mus sebab Gusmus adalah adik kandungnya Kyai Cholil Bisri.

Sebagai mana para pendahulunya, Gus Yahya yang kini menjabat sebagai Ketum PBNU periode 2021-2026, juga terlahir dari keluarga Nahdlatul Ulama yang kentel dengan lingkungan Pondok Pesantren.

Gus Yahya banyak belajar Ilmu Agama dari para guru-guru NU terutama dan yang paling pertama adalah dari Ayahnya sendiri yang mengajarkan berbagai Ilmu Agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan