Mohon tunggu...
salsabila
salsabila Mohon Tunggu... Administrasi - sastar.id

memaknai setiap arti kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Pentingnya Pemasaran di Era Persaingan Ekonomi Global Saat Ini

6 Agustus 2022   17:14 Diperbarui: 6 Agustus 2022   17:16 236 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Dalam perekonomian global saat ini, dimana bisa kita lihat terdapat banyak sekali produk-produk dan jasa yang ditawarkan oleh berbagai perilaku usaha untuk menunjang kehidupaan di era saat ini. Setiap perilaku usaha seakan berlomba- lomba untuk terus menghasilkan suatu produk maupun jasa yang msekiranya dapat dilirik dan diminati oleh masyarakat.

Saat ini, kita bisa menemukan berbagai produk dan jasa dengan spesifikasi yang sama, fungsi yang sama,  rasa yang sama, atau bahkan dari bentuk fisik nya pun sama. Akan tetapi, tetap terdapat berbagai perbedaan didalamnya, baik dari segi kualitas maupun harganya. 

Perusahaan yang menjual suatu produk maupun jasa, pastilah harus memiliki berbagai strategi jitu agar produk atau jasa yang mereka hasilkan dapat diterima oleh masyarakat dan dapat bersaing dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan lainnya.

Salah satu strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk bisa mengenalkan produknya kepada masyarakat ialah dengan melakukan pemasaran. Pemasaran yaitu merupakan suatu aktivitas atau sebuah proses yang dilakukan untuk menyampaikan, mengenalkan suatu produk ataupun jasa kepada orang lain, dimana tujuan utamanya yaitu agar produk atau jasa yang ditawarkan tersebut dapat diminati oleh masyarakat.

Dalam sebuah perusahaan, pemasaran ini merupakan suatu bagian yang sangat penting bahkan disebut-sebut sebagai garda terdepan dari suatu perusahaan. Karena lewat pemasaran inilah awal mula terjadinya interaksi antara pihak perusahaan dengan customer, sehingga terjadilah transaksi yang timbul sebagai pendapatan perusahaan tersebut.

Saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, proses pemasaran pun kini dapat dengan lebih mudah untuk dilakukan, tidak lagi dengan menyebar flyer, maupun brosur secara langsung kepada customer yang biasanya dilakukan ditempat keramaian, tetapi saat ini pemasaran sudah bisa kita lakukan bahkan dari rumah maupun kantor saja, cukup dengan memerlukan smartphone dengan sambungan internet maka kita sudah dapat memasarkan produk maupun jasa yang kita ingin tawarkan kepada masyarakat luas. 

Saat ini sudah banyak sosial media yang dapat dipergunakan untuk melakukan pemasaran, seperti whatsapp, instagram, dan lain sebagainya.

Karena dalam era persaingan ekonomi global saat ini, selain kita harus terus menginovasi dan meningkatkan kualitas produk maupun jasa yang perusahaan miliki, kita juga harus tahu bagaimana caranya agar produk maupun jasa yang kita tawarkan ini dapat diketahui dan diminati oleh masyarakat luas. 

Karena tujuan utama suatu perusahaan pada intinya ialah mencari sebuah keuntungan, akan tetapi selain keuntungan suatu perusahaan juga perlu untuk lebih dikenal oleh konsumennya untuk keberlangsungan perusahaan tersebut kedepannya.

Sebelum melakukan pemasaran, yang perlu dilakukan oleh suatu perusahaan yaitu ialah dengan menentukan target pasarnya sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan, apakah sekiranya itu dapat digunakan oleh balita, anak-anak, remaja, orang dewasa ataupun dapat dipasarkan ke masyarakat umum. 

Untuk mengetahui hal tersebut, tentu lah diperlukan pengetahuan produk atau jasa tersebut oleh bagian pemasaran perusahaan tersebut, seseorang yang bekerja dibagian pemasaran tidak hanya bertanggung jawab untuk memasarkan saja tanpa tahu apa produk ataupun jasa yang ditawarkan, melainkan sebelum ia memperkenalkannya kepada para calon konsumen, bagian pemasaran tersebut juga harus lebih mengenal duluan akan produk ataupun jasa yang akan mereka tawarkan kepada para calon konsumen. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan