SEMANGAT FAIR PLAY DAN SPORTIVITAS DALAM LIGA PELAJAR SMP SE-ROTE NDAO
*Salmun Ndun,S.Pd., Guru UPTD SMP Negeri 1 Lobalain, Kab. Rote Ndao
Pelaksanaan pembukaan Liga Pelajar tingkat SMP se-Rote Ndao berlangsung pada Senin, 14 Oktober 2024, bertempat di GOR Christian Nehemia Dillak,SH. Sebelumnya pada bulan September telah dilangsungkan kegiatan yang sama untuk Liga Pelajar jenjang SMA/SMK/SLB.
Liga Pelajar SMP se-Rote Ndao bukan sekadar ajang kompetisi untuk menentukan siapa yang terbaik, tetapi juga wahana pembelajaran bagi para siswa. Melalui pertandingan olahraga, peserta belajar tentang pentingnya kerja sama tim, disiplin, dan tanggung jawab.
Kompetisi ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan fisik sekaligus mental, seperti ketahanan menghadapi tekanan dan kemampuan mengendalikan emosi. Selain itu, liga ini juga mengajarkan nilai sportivitas, yaitu bagaimana bersikap bijak dalam menerima kemenangan maupun kekalahan.
Dengan demikian, Liga Pelajar SMP se-Rote Ndao tidak hanya memacu siswa untuk berprestasi dalam olahraga, tetapi juga membekali mereka dengan karakter positif yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
Implementasi fair play dalam Liga Pelajar SMP se-Rote Ndao terlihat melalui penerapan aturan yang adil dan transparan bagi semua peserta. Setiap tim diharuskan mematuhi peraturan tanpa pengecualian, dengan wasit dan panitia bertindak tegas namun objektif untuk memastikan kejujuran selama pertandingan.
Contoh konkret sikap fair play terlihat ketika pemain mengakui pelanggaran tanpa perlu diperingatkan atau membantu lawan yang terjatuh di lapangan.
Selain itu, kompetisi ini menekankan pentingnya menghormati keputusan wasit dan menjaga ketertiban, meskipun hasil pertandingan tidak selalu sesuai harapan. Pihak sekolah dan pelatih juga turut mengedukasi siswa tentang arti penting fair play, tidak hanya sebagai aturan permainan, tetapi juga sebagai sikap hidup sehari-hari.
Dengan penerapan yang konsisten, Liga Pelajar SMP se-Rote Ndao berhasil menjadi ajang yang tidak hanya kompetitif, tetapi juga mendidik siswa untuk menjunjung tinggi nilai kejujuran, rasa hormat, dan integritas.