Mohon tunggu...
Salma SofianaYasrifa
Salma SofianaYasrifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Salma

Faculty of Animal Husbandry, University of Mataram

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Induk Sapi tidak Menunjukkan Gejala Estrus? Hati-Hati Itu Adalah Silent Heat

23 September 2021   10:40 Diperbarui: 23 September 2021   10:51 69 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Induk Sapi tidak Menunjukkan Gejala Estrus? Hati-Hati Itu Adalah Silent Heat
Dok. Pribadi

Induk sapi anda tidak menunjukkan gejala estrus padahal sudah memasuki masa untuk bereproduksi? Hati-hati kemungkinan induk sapi anda sedang mengalami silent heat.

Banyak kasus yang ditemukan dimana induk sapi tidak menunjukkan gejala estrus, hal ini mengakibatkan sebagian peternak akan menjual induk sapinya karena dianggap tidak bereproduksi dengan baik.

Sebenarnya, induk sapu yang sudah mencukupi umur untuk bereproduksi akan tetap mengalami gejala estrus namun, ada gejalanya  yang tidak dapat dilihat secara nyata. Ini termasuk adalah gangguan reproduksi yang di sebut dengan istilah Silent Heat.

Apakah anda sudah mengetahui apa itu silent heat?

Silent Heat atau sering disebut dengan kata lain yaitu birahi tenang adalah gangguan reproduksi dimana induk sapi tidak menunjukkan gejala estrus (birahi) secara nyata. 

Tidak seperti gejala estrus pada umumnya, silent heat (birahi tenang) sangat sulit untuk dideteksi dan hampir tidak bisa di deteksi hanya dengan melihatnya secara langsung, karena induk sapi tidak menunjukkan gejala estrus sama sekali. Hal ini mengakibatkan peternak akan kesusahan untuk menentukan waktu IB (Inseminasi Buatan) yang tepat bagi ternaknya.

Silent heat dapat diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah pakan. Faktor manajemen pakan sangat berpengaruh terhadap ogan reproduksu. Oleh karena itu, peternak harus selaly memastikan manajemen pakan bagi ternaknya sudah diatur dengan baik.

Kasus silent heat merupakan kasus yang mempengaruhi rendahnya angka kelahiran. Kesehatan reproduksi yang baik akan mendukung tingginya populasi, begitupun sebaliknya.

Tapi jangan khawatir, inseminator atau dokter hewan yang berpengalaman bisa dengan mudah mendeteksi induk sapi sedang mengalami silent heat atau tidak dengan pemeriksaan secara rektal.

Untuk menghindari kasus silent heat, peternak dapat mengatasinya dengan cara:

1. Melakukan manajemen pemeliharaan yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan