Mohon tunggu...
Salma Sakhira Zahra
Salma Sakhira Zahra Mohon Tunggu... Lahir di Jakarta, 28 Februari 2002. Alumni TK Putra III (2007/2008), SDSN Bendungan Hilir 05 Pagi (2013/2014), dan SMPN 40 Jakarta (2016/2017). Kini bersekolah di SMAN 35 Jakarta.

Nama : Salma Sakhira Zahra TTL : Jakarta, 28 Februari 2002 Agama : Islam Jenis Kelamin : Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Makkah, Buka Mata Hati

27 Agustus 2020   05:39 Diperbarui: 27 Agustus 2020   05:33 17 4 0 Mohon Tunggu...

Arab Saudi merupakan sebuah negara yang kaya akan minyaknya. Kaya akan kisah Islamnya, kaya akan misterinya. Arab Saudi merupakan pusat Islam dan juga pusat perhatian ekonomi.

Arab Saudi adalah tempat keinginan umat muslim untuk melaksanakan perintah Allah Subhanahu Wata'ala atau pebisnis.

Kota yang dikenal oleh masyarakat umumnya ada 3 yaitu, Makkah, Madinah, dan Jeddah. Ketiganya memiliki khasnya masing-masing. Ketiganya juga bisa jadi tempat berlabuh umat muslim untuk melaksanakan rukun Islam yang ke-5 yaitu naik haji jika sudah mampu.

Naik haji adalah perintah Allah Subhanahu Wata'ala dan merupakan rukun Islam yang ke-5 untuk menapakkan kaki ke Padang Arafah dengan kain ihram dan baju muslimah pada Idul Adha sampai tawaf 7 kali di Makkah. Naik haji dilakukan selama 40 hari.

Bedanya dengan umrah adalah umrah melakukan sa'i dan tawaf. Bisa 9 atau 14 hari atau lebih panjang lagi.

Ada keinginan untuk melaksanakan keduanya karena ingin menjadi panggilan Allah. Apalagi sering melihat acara di televisi dan pengetahuan mengenai naik haji dan umrah.

Aku suka air zam-zam di Masjid Nabawi, aku suka unta, aku suka Jabbal Rahmah sesuai kisah Nabi Adam AS yang disunnahkan Shalat sunnah 2 rakaat disana. Disana harus memanjatkan doa. Perlu perjuangan untuk menginjakkan kaki disana.

Biaya kesana tidaklah murah. Namun keinginan sudah bulat, apalagi pertama kali aku melihat Makkah di televisi sudah membuka mata hati. Seketika duniaku sejenak berhenti dan ingin beralih kesana. Katanya ada yang sudah berpuasa disana dan puasa disana sama dengan puasa dengan Rasullullah Shallallahu Alaihi Wasalam. Masya Allah.

Makkah, tempat utama umat muslim untuk mengejarnya. Di makkah, kita akan melakukan tawaf 7 kali tanpa alas kaki. Madinah, tempat umat muslim untuk melakukan ibadah 40 rakaat di Masjid Nabawi.

Umat muslim yang naik haji atau umrah bisa pergi melalangbuana ke masjid terutama Masjid Al-Aqsa, tempat algojo. Jeddah adalah tempat berlabuh atau bisa untuk tempat wisata. Umat muslim bisa beli oleh-oleh dan berkunjung ke Masjid Terapung.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x