Mohon tunggu...
Salma Faiqah Anggraeni
Salma Faiqah Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030071

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Pergantian Cuaca Yang Ekstrem, Ini Musim Pancaroba!

22 Juni 2021   16:49 Diperbarui: 22 Juni 2021   17:02 1115 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pergantian Cuaca Yang Ekstrem, Ini Musim Pancaroba!
(sumber: nazwaproduction.com)

Pasti kalian pernah mendengar istilah musim pancaroba? Apalagi kita sudah menginjak pertengahan tahun dimana seharusnya pergantian musim dari musim hujan ke musim kemarau terjadi. Pergantian musim ini dapat dilihat daei tingkat intensitas cuaca ekstrem yang berubah-ubah tidak menentu.

Musim pancaroba sendiri merupakan musim peralihan antara dua musim yaitu musim penghujan ke kemarau, ataupun sebaliknya. Musim ini ditandai dengan pergantian kondisi cuaca yang terjadi secara cepat dan tidak stabil, seperti hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang, serta puting beliung dan badai.

Seperti yang kita rasakan akhir-akhir ini. Pada pagi sampai siang hari, matahari bersinar terik dengan kondisi awan cerah berawan. Namun saat memasuki sore hari, awan-awan tadi bergabung menjadi satu dan membentuk gumpalan awan yang menurunkan hujan dengan intensitas tinggi dalam durasi yang singkat.

Pergantian cuaca yang ekstrem ini dapat membahayakan lingkungan serta menimbulkan berbagai bencana, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, pohon tumbang, genangan, hingga jalan licin.

Berdasarkan penelitian, Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan musim kemarau akan mulai terjadi pada bulan April 2021 dengan puncaknya pada bulan Juli hingga September 2021 mendatang. Sejumlah wilayah di Indonesia yang akan memasuki musim kemarau diantara lain ialah Nusa Tenggara dan Bali, lalu wilayah Jawa, kemudian disusul dengan wilayah Kalimantan dan Sulawesi. BMKG mengganggap bulan April hingga Mei 2021 sebagai masa peralihan dari musim hujan ke kemarau. Namun faktanya, hingga bulan Juni ini pergantian cuaca masih terjadi secara signifikan setiap harinya.

Dilihat dari Akumulasi Curah Hujan Musim Kemarau periode 1981-2021, tampaknya Indonesia akan memiliki keterlambatan dalam memasuki musim kemarau pada tahun 2021. Namun tenang saja, musim kemarau 2021 diperkirakan cenderung normal dan memiliki peluang yang kecil untuk mencapai kekeringan yang ekstrem.

Dalam menghadapi musim pancaroba ini, BMKG menghimbau masyarakat untuk mempersiapkan diri menghadapi musim pancaroba yang akan datang. Dengan menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas diri, diharapkan masyarakat dapat melewati musim pancaroba ini dengan kondisi badan yang prima.

Perubahan suhu dan kelembaban udara pada musim pancaorba ini memberikan ruang bagi virus dan bakteri untuk berkembang biak dan hidup lebih lama. Virus dan bakteri inilah yang menjadi sumber dari berbagai penyakit yang muncul ketika musim pancaroba.

Kira-kira penyakit apa aja sih yang dapat menginfeksi manusia saat musim pancaroba? Berikut beberapa jenis penyakit kala musim pancaroba!

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x