Mohon tunggu...
Sal Sabila
Sal Sabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

kegemaranku mencoba hal baru

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Guru Sekolah Dasar dalam Menangani Kesetaraan Gender

5 Mei 2024   15:55 Diperbarui: 5 Mei 2024   15:55 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran guru sekolah dasar dalam menangani kesetaraan gender sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Guru memiliki peran strategis dalam mengembangkan kesadaran dan kemampuan siswa tentang kesetaraan gender, serta dalam menghadapi bias gender yang umum ditemui di lingkungan sekolah dan masyarakat. Berikut beberapa cara bagaimana guru sekolah dasar dapat berperan dalam menangani kesetaraan gender:

  • Guru dapat meningkatkan kesadaran siswa tentang kesetaraan gender dengan cara mengajar materi yang relevan dan memberikan contoh praktis tentang bagaimana kesetaraan gender dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengajar materi yang tidak membedakan antara siswa laki-laki dan perempuan, serta dengan cara memberikan contoh tentang bagaimana siswa dapat berkontribusi secara setara dalam berbagai kegiatan
  • Guru harus dapat menghadapi bias gender yang umum ditemui di lingkungan sekolah dan masyarakat. Bias gender dapat berupa stereotipe yang menganggap siswa laki-laki lebih pintar di bidang sains dan siswa perempuan lebih pandai di pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Guru dapat menghadapi bias gender dengan cara memberikan respon yang adil terhadap kemampuan siswa laki-laki dan perempuan, serta dengan cara mendorong siswa perempuan untuk ikut dalam kegiatan di luar sekolah yang biasanya diikuti oleh siswa laki-laki.
  • Guru harus memiliki kemampuan profesional yang memungkinkan mereka untuk mengembangkan materi yang relevan dan memberikan contoh praktis tentang kesetaraan gender. Guru juga harus memiliki kemampuan untuk menghadapi siswa yang berbeda-beda dan memiliki kebutuhan yang berbeda.
  • Guru harus memiliki kesadaran diri tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam mengembangkan kesetaraan gender. Guru harus memiliki kesadaran bahwa mereka memiliki peran yang strategis dalam mengembangkan kesadaran dan kemampuan siswa tentang kesetaraan gender.
  • Guru harus dapat mengembangkan kerjasama dengan orang tua siswa untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang kesetaraan gender. Guru dapat melakukan ini dengan cara memberikan informasi tentang kesetaraan gender kepada orang tua dan dengan cara mengembangkan program yang melibatkan orang tua dalam mengembangkan kesadaran siswa tentang kesetaraan gender.

Dengan menerapkan strategi-strategi ini, guru sekolah dasar dapat berperan aktif dalam meningkatkan kesadaran dan kemampuan siswa tentang kesetaraan gender, serta dalam menghadapi bias gender yang umum ditemui di lingkungan sekolah dan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun