Mohon tunggu...
saifudin
saifudin Mohon Tunggu... bhaktialam

wisata outbound batu malang

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Yuk Ketahui Fakta-Fakta Menarik dari Gunung Semeru

21 Mei 2021   09:06 Diperbarui: 22 Mei 2021   08:37 169 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Ketahui Fakta-Fakta Menarik dari Gunung Semeru
foto by republika.co.id

Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak sekali tempat tempat yang sangat keren. Bukan hanya pesona alamnya yang keren aja namun di Indonesia ini juga terdapat banyak tempat wisatanya juga. Seperti ada wisata edukasi, wisata museum, wisata air terjun, wisata rafting di malang, wisata outbound malang serta masih banyak lagi wisata lainnya.

Ngomong ngomong tentang pesoona alam di Indonesia ada satu gunung yang mana gunung yang juga sangat popular di negara ini yakni ada gunung semeru. Gunung Semeru salah satu gunung yang menatang untuk dikalahkan oleh beberapa pendaki. Gunung ini ada antara tepian di antara Kabupaten Malang serta Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pucuk Mahameru jadi satu diantara spot paling popular di Gunung Semeru.

Gunung Semeru jadi satu diantara gunung favorite buat seseorang aktivis asal Kampus Indonesia bernama Soe Hok Gie. Sayangnya dia meninggal dalam pendakian dengan temannya Idhan Lubis sebab hirup gas beracun di Kawah Jonggring Saloka. Keindahan gunung ini juga sempat juga di angkat dalam satu novel serta film yang berjudul 5 CM. Di bawah ini bukti menarik dari Gunung Semeru yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

Pucuk Paling Tinggi Di Pulau Jawa 

Mempunyai ketinggian 3.676 mtr. di atas permukaan laut, membuat Gunung Semeru jadi gunung paling tinggi di Pulau Jawa. Sedang gung paling tinggi ke-2 di Pulau Jawa ialah Gunung Slamet yang mempunyai pucuk pada ketinggian 3.428 mtr. di atas permukaan laut. Bila anda berlibur di gunung ini, karena itu dapat disebutkan dengan berekreasi outbound di malang ke pucuk paling tinggi di Pulau Jawa.

Seven Summits Indonesia 

Dengan ketinggiannya itu juga membuat Gunung Semeru yang ada di Jawa Timur ini memiliki predikat jadi Seven Summits Indonesia. Gunung yang lain yang terhitung ke barisan gunung paling tinggi di Indonesia ialah Pucuk Cartenz yang juga masuk ke dalampuncak paling tinggi dunia, Gunung Kerinci, Gunung Rinjani, Gunung Latimojong, Gunung Binaiya, serta Gunung Bukit Raya.

Mempunyai Satu Legenda 

Dalam satu cerita yang tercatat di Tantu Pagelaran, Gunung Semeru dahulu dipindahkan oleh beberapa dewa India untuk menyamakan Pulau Jawa yang saat itu terombang-ambing di lautan. Gunung yang berada di India mempunyai nama Gunung Meru, jadi tidak bingung bila banyak orang yang masih yakini jika Gunung Semeru ialah Paku Jawa.

Waktu Gunung Meru di India sukses dipindahkan, nyatanya Pulau Jawa belum juga dapat imbang. Hingga beberapa dewa juga memangkas beberapa Gunung Meru serta ditempatkan di daerah barat laut. Potongan dari Gunung Meru itu juga diketahui jadi Gunung Pawitra atau Gunung Penanggungan yang terdapat di Mojokerto, Jawa Timur.

Diakui Jadi Bapak Dari Gunung Agung Di Bali 

Masyrakat Hindu di Bali yakin jika Gunung Semeru adalah bapak dari Gunung agung yang disucikan. Hingga maasyarakat Bali membuat upacara tradisi di Gunung Smeru dalam periode beberapa waktu sekali. Umumnya, upacara tradisi itu dikerjakan sesudah warga dengar terdapatnya suara gaib yang datang dari Gunung Semeru.

Sebelum sapai di pucuk Gunung Semeru, beberapa pendaki harus tempuh jarak sejauh 20 km. dari Ranu Pane. Oleh karena itu beberapa pendaki harus mempersiapkan fisik yang sempurna

VIDEO PILIHAN