Mohon tunggu...
Sahat Marihot Tua Silaen
Sahat Marihot Tua Silaen Mohon Tunggu... Mahasiswa Logistik Bisnis PoltekPos Indonesia

Saya ini mahasiswa yang peduli kepada kesehatan, bisnis serta sektor logistik dan memiliki blog pribadi di Logistics Indonesia yang memiliki situs blog pribadi dengan alamat link web: https://logistiic.wordpress.com Jika anda berkenan boleh mengunjungi dan meramaikan kunjungan blog saya. Terimakasih. Saya termasuk peserta sebagai Blogger/ Umum.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mie Gomak Spageti, "Lezat Rasanya"

27 Maret 2021   08:36 Diperbarui: 27 Maret 2021   11:18 292 9 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mie Gomak Spageti, "Lezat Rasanya"
mie gomak/ masakapahariini.com

"Orang batak pasti tahu jenis mie yang satu ini yang disebutkan Mie Gomak. Mie gomak sendiri bentuknya mirip seperti Spagethi yang dijual dalam bentuk kering, ada yang warna kuning (mengandung kunyit) dan ada yang putih. Saya sering menggunakan yang warna putih aja iya Kompasiana"

Pada saat sekarang mana mungkin gak ada alternatif untuk hidangan mie, setiap daerah pasti memiliki macam hidangan mienya tersendiri. Serius deh! Jangan terlalu dibawa serius kalau makan mau dibawa lebih hidup kok bukan di bawa mati. Enak rasanya bila bawa hidangan makanan mie untuk setiap penyajian lezatnya terutama untuk sarapan. Enaknya abis nulis dari Kompasiana ini mendingan makan mie aja mending biar lebih ekfektif. Makan mie membuat jiwa makin menggelegar sehingga membawa semangat baru "makan mie yang enak rasanya". 

Tak terlebih sebelum makan berat, mie dapat disajikan sebagai hidangan pembuka atau dapat Kompasiana sebut dengan makanan pencuci mulut. Makanan pencuci mulut sama jenisnya dengan spagethi maupun pasta. Persamaan dan perbedaaan pasta dengan mie juga ada selain itu mie ini dapat dicampur padukan dengan mie saat diolah maupun pada saat makan terpisah sebagai hidangan mie. 

Mie yang terkenal di Indonesia ialah Indomie dengan pelanggan terbesar di dunia termasuk di Indonesia dan yang kedua setelahnya yaitu mie sedap dengan tiga negara di dunia termasuk di Indonesia. Namun saya disini bukan bicara soal indomie, bukan juga pasta atau spagethie disini saya akan menceritakan tentang mie yang berasal dari tanah kelahiran saya di sumatera utara untuk makanan batak Toba. 

Makanan yang saya sebut yaitu makanan mie gomak, mie gomak sering dipadukan dengan spagethi sebagai varian rasanya. Selain itu juga makanan mie gomak ini mempunyai dua jenis penyajian yaitu mie kuah dan juga mie goreng. Untuk mie kuah sendiri sering dijadikan olahan utama dengan menggunakan kuah dari sari kelapa yang telah diparut dan diperas dengan air yang selanjutnya akan digabungkan dengan berbagai macam bumbu sedangkan untuk mie goreng sendiri olahan utamanya yaitu menggunkanan kecap manis serta berbagai macam bumbu rempah termasuk cabai pedas pilihan. Mie gomak sendiri sangat jarang ditemui di luar Sumatera dan sering dijumpai di Sumatera.

Mendingan biar lebih seru cobain deh makanan ini ada kok dekat pasar di rumah saya rasanya enak! Nan menggoda di lidah. Kalau makan mie nya nanti bikin lidah kompasiana ikut bergoyang dan mengunyahnya. Selain itu di daerah dekat sini makanan mie gomak sering banget disajikan oleh lapo tuak atau disebut istilah lain di Kode. Makanan ini sering dijadikan untuk sarapan selain mama yang sering masak hidangan ini baik di kuah maupun di goreng. Selain itu makanan ini sering disajikan di lapak oleh kode yang menggunakan sistem pedagang kaki lima di sandaran dekat rumah kontrakan setiap orang yang mau pengen sarapan pagi. 

Santapan ini untuk goreng maupun kuah tidak lengkap bila tidak ditambahin dengan kerupuk yang kriuk serta tidak lengkap juga bila tidak ditambahin sambal yang pedas sebagai pelengkap rasanya. Bagi yang tidak pengen rasakan makanan pedas namun tetap pengen memakannya dapat pula kompasiana suguhi makanan ini dengan minuman panas, dikarenkanan apabila kompasiana menggunakan minuman panas akan menghilangkan indera perasa pedas dari lidah Kompasiana. Minuman panas sudah terbukti dapat menghilangkan rasa pedas tersebut. Tapi! Bagi Kompasiana yang suka pedas tidak perlu takut dikarenakan mie gomak ini selalu memiliki ciri khas pedas sebagai sajian utamanya.

Pedagang kaki lima juga sering menyajikan makanan gomak ini untuk disajikan sebagai hidangan sarapan di pasar apabila ada pengunjung yang membeli ada yang lapar dan pengen menyantap mie ini. Selain bentuknya yang agak besar dari mie pada umumnya dapat divariasikan dengan spagethi untuk jenis mie goreng. Selain dari itu mie gomak kuah juga sering disatukan dengan hidangan mie bihun atau sohun sebagai perpaduan rasanya yang enak dan mencetar.

Makanan ini mayoritas sering dijadikan sebagai sarapan setiap mau pengen makan baik itu bila mau pengen sebelum aktivitas mau pergi ke sekolah, aktivitas mau pergi ke kerja atau mau main dan  lain sebagainya, tidak lupa pergi untuk beli makannya. Makanan mie gomak berkuah sering disajikan pada saat pagi namun apabila mau mencicipi rasanya yang enak pada sore maupun makan malam lebih cucok! mencoba rasa yang mie gomak goreng. Mie gomak goreng sering dijadikan sebagai tambahan makanan pergantian hari mendekat senja atau di malam hari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN