Mohon tunggu...
Sastrawan Ginting
Sastrawan Ginting Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

-Unik -So pasti baik -Penyayang DLL

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Etikaku dan Etikamu

13 Juni 2013   11:33 Diperbarui: 24 Juni 2015   12:05 223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hal yang paling sering dilakukan oleh mahasiswa adalah mengerjakan tugas bersama.Jika ada tugas yang diberikan dosen terlalu banyak atau terasa sulit,mereka sering mengerjakan bersama.Hal ini kerap dilakukan mahasiswa selama tugas itu belum terselesaikan.Masyarakat umumnya yang tinggal disekitar kost-kostsan mahasiswa menjadi resah.Hal membuat mereka resah adalah mengapa mereka sering melakukannya.Apa yang dipikirkan masyarakat tentang kita sebagai mahasiswa,kita tidak tahu.Mereka yang bisa menjawab.Terkadang hal ini juga menjadi suatu bagian yang harus dipikirkan mahasiswa pada saat mengerjakan tugas bersama temannya terkhusus mahasiswi.Satu contoh yang kuangkat disini adalah ketika aku juga mengalaminya.Saya dan teman saya sering datang ke kostsan teman perempuan kami.Kami sering bercerita,mengerjakan tugas bersama.Kegiatan ini sering kami lakukan.Kami tidak tahu bahwa masyarakat selama ini memperhatikan kami.Ketika pada hari yang tak terduga,kebetulan kami lagi mengerjakan tugas dirumah teman kami,masyarakat datang melihat kami.Dengan wajah yang menegangkan datang memanggil saya "sini dulu kau,ikut saya'.Saya heran,dan berpikir panjang 'apa yang sudah saya perbuat ya??.Alangkah tidak senangnya saya dengan cara yang dilakukan beliau.Kita bisa omongkan ini secara baik-baik kan?.Tanpa harus ada paksaan.Saya dibawa kerumahnya dan panjang lebar kami bercerita.Disatu sisi benar dikatakan olehnya,disatu sisi yang lain,cara yang mereka lakukan salah.Sebagai figur masyarakat yang sangat dihormati mahasisiwa,masyarakat memang harus memperhatikan lingkungan sekitar.Cara atau tindakan yang dilakukan harus penuh ketenangan dalam menghadapinya tidak perlu dengan emosi atau wajah menakutkan.Masyarakat sebagai teladan yang akan di contoh mahasiswa harus memberikan contoh yang baik dalam mengambil sikap.Sikap yang tenang dari masyarakat menjadikan mereka bijaksana dalam mengambil keputusan.Kita juga sebagai mahasiswa yang tinggal di sekitar masyarakat harus memberikan kontribusi yang baik.Sehingga keduanya menjalin relasi baik dan salling membutuhkan.Semoga pembaca dapat mengambil hikmat dari bacaan ini.Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun