Mohon tunggu...
DILA MAYA SAFITRI
DILA MAYA SAFITRI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Hanya seorang mahasiswa yang ingin mengisi waktu luang dengan menulis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Toko Kelontong Langganan Pembeli

30 November 2022   12:27 Diperbarui: 30 November 2022   16:49 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi toko. Sumber: pexels.com

Kita pasti telah mengenal dan mengetahui apa itu toko kelontong? Toko kelontong adalah toko kecil yang biasanya menyediakan berbagai kebutuhan pokok sehari-hari yang dapat kita beli eceran maupun grosir dan biasanya toko kelontong ini tersebar dimana-mana sehingga mudah ditemui. Beberapa toko kelontong bahkan ada yang sampai buka selama 24 jam. Dengan adanya toko kelontong yang buka selama 24 jam ini pasti sangat membantu masyarakat karena terkadang kita membutuhkan sesuatu secara mendadak di tengah malam atau saat dimana minimarket dan toko-toko lain sudah tutup, toko kelontong inilah yang menjadi penyelamat.

Namun dari sekian banyak toko kelontong yang biasa tersebar di sekitar kita, pasti ada salah satu atau beberapa toko yang menjadi langganan. Walaupun jaraknya agak jauh atau misalkan ada toko yang lebih dekat, jika sudah menjadi langganan di toko tersebut kita pasti akan memilih untuk pergi kesana. Nah, kira-kira bagaimana ciri-ciri toko kelontong yang sering menjadi langganan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan? 

1. Barang yang dijual lebih murah daripada toko lain

Toko kelontong memiliki target pasar dari kalangan menengah kebawah sehingga harga tentu akan menjadi pertimbangan bagi para pembelinya. Sudah menjadi kebiasaan pembeli pasti akan membandingkan harga antara toko yang satu dengan toko yang lain, manakah yang lebih murah? walaupun hanya selisih Rp500, selisih ini akan tetap menjadi perbandingan pembeli karena pembeli memiliki hak untuk menentukan berapa besaran rupiah yang akan mereka keluarkan untuk belanja. Toko yang menjual barang dengan harga yang lebih murah daripada toko yang lain, akan selalu menjadi langganan pembeli.

2. Memiliki barang yang lebih lengkap

Ketika toko kelontong memiliki lebih banyak variasi barang yang disediakan untuk dijual, hal tersebut pasti akan mendatangkan lebih banyak pembeli karena dengan banyaknya barang yang ditata memunculkan rasa percaya kepada pembeli bahwa barang yang ia butuhkan pasti ada di toko tersebut. Toko kelontong dengan variasi barang yang lebih banyak pasti akan ramai pembeli.

3. Penjual yang ramah dan pelayanan baik

Penjual yang pandai berkomunikasi serta ramah dan murah senyum kepada pembeli pasti akan membuat pembeli merasa nyaman sehingga pembeli akan merasa tertarik untuk berbelanja lagi. Selain itu pelayanan yang baik seperti contohnya menanyakan apakah memakai kantong plastik atau tidak ketika pembeli hanya membeli sedikit barang saja serta mengucapkan terima kasih tentu akan menjadi nilai lebih bagi toko dan akan menarik lebih banyak pembeli untuk berlangganan.

4. Penataan toko yang bersih dan rapi 

Kesan pertama ternyata tidak hanya berlaku saat memilih pasangan saja, namun toko kelontong juga demikian. Pepatah yang berkata "dari mata turun ke hati" ternyata juga berlaku bagi toko kelontong, karena kesan pertama ketika pembeli melihat penataan yang rapi pada toko tersebut, ia pasti akan merasa tertarik untuk datang dan berbelanja. Penataan yang rapi akan membuat pembeli merasa nyaman ketika berbelanja dan menimbulkan kesan yang baik di mata pembeli, hal tersebut akan menarik pembeli untuk terus datang dan berbelanja di toko tersebut.

5. Jujur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun