Saepudin Hamzah
Saepudin Hamzah Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Part Time Traveler

Penggiat perjalanan yang sedang belajar menulis. email : saepudinhamzah5@gmail.com

Cuma Satu Jam dari Jakarta, Bisa Healing di Pulau Seindah Ini

9 Juli 2022   15:51 Diperbarui: 11 Desember 2022   13:33 1083

Hai hai hai.. Balik lagi nih sama aku si paling pengen belajar nulis tapi susah banget bangun mood nya, hehe. Ohiya, kali ini aku bakal sharing ke kalian tentang pengalamanku ber-traveling ke salah satu pulau yang sepi, menenangkan, namun sangat indah dan eksotik. Pulau ini memang masuk ke dalam salah satu bucket-list aku untuk tempat-tempat yang sangat ingin aku kunjungi.

Belitung. Tentu sudah tidak asing bukan? Benar saja, tempat yang aku kunjungi adalah Pulau Belitung, tempat yang menjadi latar film yang sangat fenomenal dan masuk box office Indonesia yaitu "Laskar Pelangi". Selain keindahan pantai pasir putihnya, yang menjadi ciri khas dari pulau ini adalah bebatuannya yang unik.

Langsung saja, pertama yang ingin aku bahas adalah bagaimana cara aku pergi kesana.

Jadi, aku dari Jakarta naik pesawat dengan tujuan Tanjung Pandan dengan lama perjalanan satu jam saja. Maskapai yang aku naiki adalah Citilink dengan jadwal keberangkatan pada pukul 06.00 pagi dan akan tiba pada pukul 07.10 pagi, untuk harganya sendiri saat aku beli berkisar 600-800 ribu rupiah, namun kalian juga bisa  memilih maskapai lain dan menyesuaikan dengan budget yang kalian miliki, kalian juga bisa cari promo dari aplikasi-aplikasi penyedia jasa tiket transportasi.

Nah untuk pulangnya, aku naik maskapai Lion Air dengan jadwal keberangkatan pada pukul 14.55 dan akan tiba pada pukul 16.10 di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. untuk harganya sendiri masih berkisar 600-800 ribu rupiah. (Padahal pas masih covid, 800 ribu itu udah tiket PP).

Selama tiga hari dua malam di Belitung, aku tinggal di homestay dan untuk transportasinya aku menggunakan kendaraan bis karena aku sendiri ikut grop tour bersama "Backpacker Karawang". Jadi, cost yang aku keluarkan juga cukup terjangkau hanya 570 ribu saja, dan itu sudah termasuk biaya menginap di homestay, tiket wisata, perahu ke hopping island serta biaya transportasi selama di belitung.

Nah sekarang aku bakalan kasih rekomendasi apa saja yang bisa kalian lakukan jika berlibur ke Pulau Belitung :

1. Kuliner Mie Atep.

Mie Atep
Jika kalian mengambil keberangkatan pagi dari Jakarta, sekalian sarapan, tempat pertama yang wajib kalian kunjungi adalah Mie Atep. Karena belum lengkap rasanya kalo ke belitung tapi belum nyoba mie legendaris ini. Harganya pun cukup terjangkau, hanya 20.000 rupiah, jangan lupa memesan es jeruk kunci untuk minumnya ya.

dok pribadi

2. Tour Laskar Pelangi

Replika SD Laskar Pelangi
Selesai sarapan, perjalanan bisa kalian lanjutkan untuk tour laskar pelangi. Pertama, kalian bisa mengunjungi replika SD Laskar Pelangi, tempat yang menjadi ikon bagi belitung berkat film dan novelnya yang meledak di pasaran.