Mohon tunggu...
Hr. Hairil
Hr. Hairil Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis itu kebutuhan, bukan hiburan.

Institut Tinta Manuru

Selanjutnya

Tutup

Kotak Suara Pilihan

Generasi Muda dan Keadilan di Negara Ini

25 Oktober 2017   10:57 Diperbarui: 2 November 2017   03:42 9618 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Generasi Muda dan Keadilan di Negara Ini
Foto Unnamed: Terliahat mahasiswa dari berbagai elemen yang tergabung dalam BEM-SI (Badam Eksekutif Mahasiswa-SeIndonesia) Melakukan aksi turun kejalan sebagai refleksi 3 tahun Pemerintahan Jokowi.

Indonasia sudah rapuh dengan keadilan pada anak-anak muda. Berapa waktu domonstrasi digelarkan oleh Aliansi BEM bersatu dalam menyikapi tiga tahun berjalan Pemerintahan Jokowi. 

Suka atau tidak suka sebagian masyarakat pada mahasiswa setiap kali melakukan demo adalah hal yang wajar-wajar saja. Toh, namanya juga mahasiswa. Mereka bersandar pada fungsi mereka sebagai mahasiswa. Pengontrol dan Angen Perubahan. 

Tetapi kok rasa tidak suka pemerintahan ini terhadap mahasiswa makin terlihat serius. Padahal mahasiswa juga bagian dari pada anak-anak muda negara ini, generasi muda yang siap dalam menyuarakan hal baik menurut pandangan mereka. 

Berbicara perkara demonstrasi mahasiswa ini, pemerintah seakan menjadikan mereka adalah musuh negara. Ketika ada demonstrasi maka ketika itu pula pasti ada diantara mereka yang ditangkap dan dijadikan tersangka ini itu. 

Negara menjadi semacam takut terhadap suara mahasiswa, sehingga setiap kali mereka ada dijalan maka deretan nama-nama anak muda ini menjadi bagian dari ancaman. 

Memang benar, demonstrasi mahasiswa memberikan dampak yang besar secara positif dan negatif pada negara. Meskipun demostrasi akan membuat jalanan macet, ada konflik, dan sederatan problem lain akan ikut didalamnya. 

Tetapi, dengan keyakinan penuh bahwa semua yang terjadi pada demonstrasi sampai berujung memicu konflik dan lain sebagainya berangkat dari siapa menjadi pemicu. Kita mestinya lebih jeli belajar tentang hukum sebab akibat. 

Berhasil atau tidaknya tujuan demonstrasi mahasiswa, buat mereka bukan masalah sebenarnya. Prinsipnya yang mereka sampaikan, suarakan, sudah sampai pada telinga pemerintah. Itulah tugas mereka sebagai mahasiswa. 

Barisan anak-anak muda ini tidak pernah kenal dengan yang namanya lelah untuk suarakan hal baik bait mereka, setidaknya merupakan pandangan-pandangan ilmiah yang bisa dijadikan sebagai masukan baik pada pemerintahan dan negara. 

Dari sejarah demontrasi mahasiswa selalu saja dilihat sebagai pemicu konflik, pembuat onar, mereka ditunggagi atau apapun bentuk tuduhan datang dari berbagaimacan sumber untuk menyalahkan mereka. 

Seakan mahasiswa tidak akan pernah benar, tidak mungkin benar dalam melakukan penyampaian aspirasi kepada lembaga manapun dan terutama kepada publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN