Mohon tunggu...
Achmad Nur Hidayat
Achmad Nur Hidayat Mohon Tunggu... Lainnya - Mereka panggil saya Achmad a.k.a. Sadewa ~𝐂𝐚𝐭𝐚𝐭𝐚𝐧 𝐌𝐞𝐧𝐮𝐣𝐮 𝐒𝟏~

𝐌𝐚𝐡𝐚𝐬𝐢𝐬𝐰𝐚 𝐈𝐥𝐦𝐮 𝐊𝐨𝐦𝐮𝐧𝐢𝐤𝐚𝐬𝐢 𝐔𝐈𝐍 𝐒𝐮𝐧𝐚𝐧 𝐊𝐚𝐥𝐢𝐣𝐚𝐠𝐚 -𝟐𝟎𝟏𝟎𝟕𝟎𝟑𝟎𝟎𝟕𝟒-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Tips Usir Bosan Ketika Belajar Daring

24 Juni 2021   14:18 Diperbarui: 24 Juni 2021   14:25 130 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Usir Bosan Ketika Belajar Daring
Computer Vektor erstellt von pikisuperstar - de.freepik.com

Pembelajaran daring (dalam jaringan) menjadi salah satu upaya preventif oleh pemerintah dalam menyikapi persebaran Covid-19 di Indonesia. Mau tak mau para siswa dan guru harus beradaptasi menggunakan media digital sebagai alat pembelajaran jarak jauh atau PJJ. Sudah setahun lebih PJJ diberlakukan karena Covid-19 belum juga hilang.

Dengan adanya sistem belajar dan mengajar tersebut, para siswa hanya belajar di rumah dan tidak bertemu dengan guru serta teman-temannya secara langsung. Saya sendiri sebagai mahasiswa terkadang merasa bosan akan hal tersebut.

Nah, bagi teman-teman yang sedang jenuh atau bosan karena PJJ, mungkin bisa mencoba beberapa hal berikut, siapa tahu bisa sedikit menghilangkan rasa bosan.

1. Ubah Keadaan Tempat Belajar

Jika melakukan hal yang sama secara berulang-ulang bisa menyebabkan kita bosan, mungkin begitu juga dengan belajar, hampir setiap hari kita melakukan PJJ, mungkin sebagian besar teman-teman melakukan hal tersebut di kamar saja, dengan suasana kamar dan meja belajar yang sama. Jika teman-teman merasa bosan saat belajar atau mengerjakan tugas di kamar, cobalah untuk mengubah posisi benda-benda yang ada di kamar, misalnya saja posisi meja, yang awalnya di sebelah kanan tempat tidur menjadi di sebelah kiri tempat tidur, atau bisa juga mengubah posisi kursinya saja, atau dimulai dari yang terkecil misalnya mengubah posisi stationery dan buku pelajaran yang ada di meja, atau bisa juga berpindah tempat sementara, ke ruang tamu misalnya. Nah, dengan melakukan hal tersebut, kita akan melakukan hal baru yang berbeda dari biasanya, tidak monoton seperti sebelumnya, dari pandangan mata saja sudah berbeda dong, tentunya.

2. Self Reward

Self reward adalah memberikan hadiah kepada diri sendiri sebagai bentuk penghargaan atas tercapainya suatu hal. Self reward dapat memberikan rasa senang, adanya rasa senang ini dipicu oleh meningkatnya hormon dopamin, nah dari meningkatnya hormon dopamin ini diperoleh beberapa manfaat diantaranya adalah menimbulkan perasaan positif, seperti timbulnya rasa percaya diri dan memengaruhi perilaku, misalnya menjadi lebih bersemangat melakukan sesuatu serta termotivasi. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ya teman-teman, tidak terkecuali self reward ini, karena tingginya hormon dopamin juga bisa berpengaruh buruk pada diri sendiri seperti munculnya gangguan pada otak (skizofrenia). Jadi, jangan berlebihan dalam memberikan self reward ya. Self reward bukan hanya mengenai membeli atau memberikan benda kepada diri sendiri, bisa saja melakukan hal lain yang sesuai dengan definisi awal.

3. Bring The Positive Vibes

Sebisa mungkin ciptakan suasana yang membuat mood mu berubah menjadi lebih baik, misalnya menyediakan camilan serta minuman favorit, mendengarkan lagu yang disukai atau menonton video motivasi, yang bisa kamu lakukan saat bosan. Saya sendiri kadang melakukan ini saat bosan namun harus mengerjakan tugas, biasanya dengan menonton video kucing atau video lucu di Instagram.

4. Ngobrol

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN