Mohon tunggu...
Achmad Nur Hidayat
Achmad Nur Hidayat Mohon Tunggu... Lainnya - Mereka panggil saya Achmad a.k.a. Sadewa ~๐‚๐š๐ญ๐š๐ญ๐š๐ง ๐Œ๐ž๐ง๐ฎ๐ฃ๐ฎ ๐’๐Ÿ~

๐Œ๐š๐ก๐š๐ฌ๐ข๐ฌ๐ฐ๐š ๐ˆ๐ฅ๐ฆ๐ฎ ๐Š๐จ๐ฆ๐ฎ๐ง๐ข๐ค๐š๐ฌ๐ข ๐”๐ˆ๐ ๐’๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐Š๐š๐ฅ๐ข๐ฃ๐š๐ ๐š -๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ•๐ŸŽ๐Ÿ‘๐ŸŽ๐ŸŽ๐Ÿ•๐Ÿ’-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi Pilihan

'Bendung' Kramat Batang, Bukan 'Bendungan' Kramat Batang, Edisi Jalan-Jalan Pagi

27 April 2021   00:42 Diperbarui: 27 April 2021   01:28 239 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
'Bendung' Kramat Batang, Bukan 'Bendungan' Kramat Batang, Edisi Jalan-Jalan Pagi
bendung kramat tampak hilir(dokpri)

Bagi sebagian besar warga Kabupaten Batang, tentunya sudah tidak asing dengan bangunan yang satu ini, Bendung Kedungdowo Kramat atau kebanyakan orang menyebutnya Bendungan Kramat. Tempat ini dikenal sebagai objek wisata yang murah meriah apalagi kulinernya.

Kali ini saya dan teman saya memutuskan untuk refresh otak dari keseharian kuliah dan aktivitas rutin sehari-hari. Karena sudah lama tidak berkunjung dan penasaran dengan kondisi bendungan kramat sekarang, akhirnya saya memutuskan untuk jalan-jalan ke sana. Berjarak sekitar 7 km dari rumah saya, saya merasakan suasana yang berbeda, perjalanan menuju bendungan suasananya lebih asri dan sejuk karena di kiri dan kanan jalan banyak tumbuh pepohonan.

Kebetulan karena hari itu adalah weekend dan masih pagi, baik warung atau tempat lesehan di dekat sungai terlihat penuh oleh pengunjung. Berhubung saya orangnya 'agak'ย introvert dan rajin menabung, saya memilih berjalan lurus melewati keramaian tersebut sampai akhirnya berhenti karena suatu hal yang menarik perhatian.

Jauh dari keramaian orang-orang yang sedang menikmati sarapan (kunjungan dilakukan sebelum bulan puasa) sambil berbincang-bincang, terlihat beberapa orang sedang sibuk mengerjakan sesuatu di bendung. Ada yang di dekat kendali pintu air, ada yang di sungai, ada juga yang memantau dari atas jembatan.

Usut punya usut, ternyata mereka adalah para penjaga pintu air, salah satu pekerjaan yang menurut saya pribadi jarang di ekspos namun memegang peran penting. Saya bertemu dengan mas Edi Purwanto, salah satu pekerja honorer di bendung kramat. Setelah bertanya dan mencari tahu lebih dalam, Mas Edi memberi penjelasan, "Kita sedang menguras tanah serta pasir yang terbawa arus dan mulai menggunung, tujuannya supaya air dari hulu bisa mengalir lancar tanpa hambatan". Ketika saya bertanya apakah kegiatan ini dilakukan setiap hari, Mas Edi menjawab, "Pengurasan ini kita lakukan rutin setiap tiga bulan sekali, Mas".

Untuk suasana dan kondisi sungai saat itu, air yang mengalir dari hulu lebih sedikit dibandingkan biasanya, gemercik air pun hanya terdengar lirih.

Selain menguras tanah dan pasir, Mas Edi dan teman-temannya memiliki tugas lain seperti, membuka dan mengalirkan air ke pemukiman dan sawah warga, memantau serta mengawasi debit air di bendung sampai ke sungai-sungai kecil yang jaraknya kurang lebih 5 km, bahkan siap siaga di bendung ketika hujan lebat karena debit air dikhawatirkan meninggi secara tiba-tiba.

Bangunan irigasi, Bendung Kedungdowo Kramat ini diresmikan pada 20 Agustus 1986 oleh Menteri Pekerjaan Umum, Ir. Suyono Sosrodarsono. Meskipun telah eksis di kalangan warga Batang, ternyata masih banyak orang yang salah menyebut nama bangunan ini dengan sebutan 'bendungan', yang mana seharusnya adalah 'bendung'. Arti kedua kata tersebut pun hampir sama, tetapi berbeda. Menurut KBBI, bendungan adalah bangunan penahan atau penimbun air untuk irigasi (pembangkit listrik dan sebagainya) sedangkan bendung adalah pengempang untuk menahan air sungai (tepi laut dan sebagainya). Dilihat dari ukurannya, bendungan sebenarnya jauh lebih besar daripada bendung.

bendung
bendung
kramat (sumber: dokpri)

bendungan
bendungan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan