Mohon tunggu...
pmmumm13
pmmumm13 Mohon Tunggu... Lainnya - KKN-PMM UMM

KKN-PMM pengabdian masyarakat oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN-PMM 13 Edukasi dan Bermain di Rumah Belajar

7 November 2020   21:06 Diperbarui: 7 November 2020   21:26 178 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

            Kediri, kegiatan dimulai pada tanggal 02 November 2020 -- 10 November 2020 waktu pembelajaran dilakukan pada pukul 18.00-20.00, Ditengah mewabahnya covid-19 dan berlakunya new normal di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Kuliah Kerja Nyata Bhaktimu Negeri (KKN-PMM). Tema yang diambil oleh mahasiswa KKN-PMM 13 yang dibimbing oleh ibu Rista Anggriani, STP.,MP.,M.Sc  adalah Langkah Maju Hidup di Era New Normal yang dilakukan di Desa Sumberagung.

           Pada program kerja kali ini mahasiswa KKN-PMM kelompok 13 UMM memberikan pengetahuan terlebih dahulu kepada masyarakat tentang Kehidupan New Normal ditengah pandemic Covid-19. Pentingnya menjaga kebersihan diri setelah bepergian, menjaga Kesehatan jasmani dan psikis atau mental. Kegiatan ini lebih menyasar kepada anak-anak desa yang menerima dampak tidak bersekolah dan tidak bisa bermain dengan teman-temanya di tengah pandemic covid-19.

            Acara ini berlangsung selama delapan hari dilaksanakan di Rumah Belajar, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hari pertama kelompok kami melakukan perkenalan kepada anak-anak dan memberikan edukasi etika batuk. Hari ke-dua kelompok kami memberikan edukasi tentang 5 Langkah Mencuci Tangan menurut PERMENKES nomor 3 tahun 2014 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan melakukan kegiatan belajar bersama serta membantu mereka melakukan pekerjaan rumah. Kami juga menyumbangkan peralatan tempat cuci tangan. Hari ke-tiga kami membantu proses pembelajaran, serta mengenal cara berhitung dalam bahasa arab dan melakukan kegiatan kecil yang menyenangkan kepada anak-anak dengan banyak hal agar tidak terasa membosankan. Hari ke-empat kami mengajarkan mengenal nama-nama binatang kepada anak-anak. Kemudian Hari ke-lima kelompok kami membantu, kegiatan belajar membaca dan berhitung. Hari ke-enam kegiatan rumah belajar kelompok KKN-PMM kami mengadakan lomba mewarnai untuk anak-anak rumah belajar, dilakukan agar anak-anak tidak merasa bosan dengan situasi pembelajaran dirumah belajar selama musim pandemic berlangsung.  Pemenang-pemenang dari lomba mewarnai akan diberikan hadiah pada hari ke-tujuh . Hari ke-tujuh membantu proses mengajar membaca dan menulis serta pembagian hadiah kepada anak-anak pemenang lomba mewarnai. Hari terakhir kelompok kami mengajar di rumah belajar dengan melakukan hal kecil seperti  bernyanyi bersama serta membagikan bingkisan kecil kepada anak-anak dan penyumbangan beberapa buku untuk rumah belajar.

dokumentasi-kegiatan-belajar-5fa6ac568ede483e904731c2.jpeg
dokumentasi-kegiatan-belajar-5fa6ac568ede483e904731c2.jpeg
            Antusias Anak-anak dan masyarakat Desa Sumberagung sangat baik, mereka semua menyimak edukasi yang diberikan mulai dari orang dewasa yang edukasinya dilakukan dari rumah kerumah. Serta anak-anak desa yang edukasinya dilakukan dirumah belajar, mendengarkan seksama dan mencatatnya di buku mereka. Masyarakat Desa sangat berterimakasih kepada kami karena  edukasi yang telah kami berikan dan semoga dapat bermanfaat bagi warga desa. Edukasi  ini bertujuan lain untuk membantu psikis dan mental anak-anak Desa Sumberagung dimasa Pandemic Covid-19. "Terimakasih banyak kepada mahasiswa KKN-PMM sudah memberikan edukasi dan kegiatan kepada masyarakat desa sekitar agar mengerti bagaimana kegiatan yang harus dilakukan secara new normal di tengah pandemi Covid-19" ucap Bu Siti Munawaroh.

            Diketahui bahwa dengan adanya pandemic ini banyak sekali hal yang ditimbulkan salah satunya adalah sekolah yang diliburkan.  Selain itu beberapa anak juga melaksanakan kegitan sekolah dengan keterbatasan lain yakni jaringan desa yang kurang stabil. Dengan ini mahasiswa KKN-PMM 13 membantu anak-anak desa untuk kegiatan pembelajaran dari rumah masing-masing yang dilakukan di rumah belajar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan