Mohon tunggu...
Wahyuni Susilowati
Wahyuni Susilowati Mohon Tunggu... Penulis, Jurnalis Independen

pengembaraan raga, penjelajahan jiwa, perjuangan menggali makna melalui rangkaian kata .... https://web.facebook.com/wahyuni.susilowati

Selanjutnya

Tutup

Teknologi

Fire TV Cube, Pindah Saluran TV Tinggal Perintah Saja

6 September 2019   10:25 Diperbarui: 6 September 2019   10:56 0 0 0 Mohon Tunggu...
Fire TV Cube, Pindah Saluran TV Tinggal Perintah Saja
Perangkat lengkap Fire TV Cube (doc.Redflagdeals/ed.Wahyuni)

Rabu (4/9) lalu Amazon telah mengumumkan tersedianya piranti suara Alexa dan perangkat lunak Fire TV built-in  yang bisa dibilang merupakan versi baru dari Fire TV Cube yang dirilis tahun lalu (CNBC, 5 September 2019).

Pada pameran perdagangan CES 2019, Amazon bersama perusahaan produsen gawai lain mulai mendemonstrasikan cara kerja Alexa yang telah ditanam ke dalam berbagai peralatan pintar dan menunjukkan bahwa hal yang sama akan dilakukan pada  perangkat lunak Fire TV. 

Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos itu telah memperluas kerjasama dengan beberapa perusahaan yang akan merakit dan menjual piranti Fire TV di Jerman, Austria, dan Inggris.

Versi baru Fire TV Cube berkerja dua kali lebih cepat dibanding model tahun lalu. Seperti pendahulunya, piranti ini akan membantu anda mengendalikan TV, cable box, dan semua fitur yang digunakan hanya dengan menggunakan suara anda.

Jadi saat masuk ke kamar dan ingin menyaksikan pertandingan kesebelasan favorit, anda cukup bilang,"Alexa, tayangkan ESPN di TV." lalu Fire TV Cube akan menghadirkan saluran ESPN di layar TV kabel anda. Keduanya juga bisa digunakan untuk layanan  streaming  seperti yang ditawarkan Hulu, Netflix, Sling TV, dan lainnya.

Berkat prosesor baru yang membantu memotong jeda saat perpindahan antar aplikasi, performa Fire TV Cube kini jauh lebih bagus. Prosesor itu juga memproses perintah dasar bagi Alexa seperti menaikkan volume suara atau kembali ke layar home hingga tidak perlu lagi mengirim perintah itu ke cloud dulu karena bisa langsung dilakukan. Hal tersebut, menurut Amazon, bisa membuat respon jadi empat kali lebih cepat.

Desain lama masih dipertahankan, menurut wakil presiden pengembangan produk Fire TV Sandeep Gupta karena ," ... bekerja baik dengan susunan dan tata letak mikrofon."Dan terkait kemampuan kotak piranti itu mendengarkan perintah suara,"Kontrol suara lokal punya subset perintah yang kritis dan memotong jalur cloud akan membuatnya mengenali sebuah perintah untuk dilaksanakan segera."

80 persen pengguna Fire TV Cube, menurut Sandeep, memakainya untuk otomatisasi berbagai alat, termasuk  peralatan rumah tangga cerdas mereka.

Fire TV Cube ini dibandrol USD 119,99 di AS masih sama dengan model lama dan sudah dipasarkan sejak Rabu kemarin dengan sistem  pre order  di AS, Jerman, Inggris, dan Jepang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x