Mohon tunggu...
Sabrina Salsabilla
Sabrina Salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemikiran George Simmel

24 September 2022   08:36 Diperbarui: 24 September 2022   08:49 33 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
George Simmel. Sumber: writingcrities.com

Biografi Singkat

Pada 1 Maret 1858, George Simmel lahir di Berlin. Simmel mempelajari berbagai bidang ilmiah di Universitas Berlin pada tahun 1876 seperti psikologi, sejarah, filsafat, dan Bahasa Italia. Ia juga menjadi salah satu intelektual yang memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmiah sosiologi. "The Philosopy of Money" adalah tulisan Simmel yang paling terkenal (1900-an) yang menjelaskan tentang bagaimana konsep uang bermain dan bekerja. Simmel meninggal pada tahun 1918.

Konsep Pemikiran Simmel

Simmel dikenal sebagai seorang sosiolog yang mempelajari kajian mengenai ruang sosial yang dimana menurut Simmel ia ingin menjelaskan tentang bahwa di dalam ruang sosial ini terdapat berbagai macam proses produksi dan reproduksi dari dinamika yang terjadi di masyarakat. Simmel berusaha menjelaskan mengenai aspek relasionis yang menjadi ciri-ciri dari masyarakat. Ciri-ciri dari masyarakat itu ditentukan dari bagaimana produksi dan reproduksi ruang sosial itu diciptakan. 

Dalam konteks yang lain menurut Simmel, kajian sosiologi merupakan studi tentang bentuk-bentuk interaksi, namun juga fokus pada bentuk asosiasi. Asosiasi yang dimaksud oleh Simmel adalah proses interaksi yang di dalamnya terlibat menjadi anggota masyarakat. Jadi bagaimana anggota anggota masyarakat itu melebur, menyatu, bergaul, berinteraksi, dan melakukan kontak sosial dengan masyarakat lain yang kemudian diterima menjadi bagian dari anggota masyarakat tersebut. 

Dalam dinamika yang terjadi di masyarakat, berbagai macam kegiatan kegiatan sosial pasti akan terus dilakukan di dalam kehidupan di masyarakat. Contoh yang paling sederhana misalnya kerja bakti. Kerja bakti merupakan contoh dari proses asosiasi dan ada juga kegiatan tradisi yaitu kegiatan selamatan, tujuh bulanan, tujuh harian, tahlilan, dan yasinan. Kegiatan kegiatan yang ada di masyarakat seperti ini menurut Simmel adalah bagian dari mekanisme reproduksi ruang sosial yang diciptakan di dalam masyarakat. Sehingga ini yang kemudian akan menjadi ciri dari masyarakat itu. Setiap ciri-ciri dari masyarakat yang jelas menurut Simmel akan terlihat dari proses mereka membangun ruang sosialnya. Menurut Simmel kebudayaan dan uang merupakan produk dari asosiasi.

Masyarakat, Ruang, dan Waktu

Masyarakat dapat bekerja dalam kerangka, ruang dan waktu. Menurut Simmel masyarakat merupakan totalitas, asosiasi, objek estetika, dan aktivitas berpengalaman serta pengetahuan para aktor didalam masyakat. Aspek ruang dan waktu bersifat konstitutif yang artinya merupakan pondasi dasar dari pembangunan masyarakat karena mengkonsepkan Tindakan social  sebagai pengalaman hidup. Didalam ruang terjadi Tindakan kumulatif pada diri karena individu akan mengumpulkan pengalaman-pengalamannya yang nantinya ia eksekusikan didalam Tindakan-tindakan kumulatif. Pengalaman juga salah satu hal yang penting dalam individu menggunakan ruang dan waktunya dikarenakan pengalaman selalu dipengaruhi mediasi eksternal.

5 Aspek dari Ruang meliputi 

  • Eksklusivitas
  • Batasan-batasan ruang
  • Ketetapan dari bentuk
  • Kedekatan dan jarak dengan ruang
  • Mobilitas ruang

Uang adalah Alat dan Tujuan Sosial

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan