Mohon tunggu...
Sabrina Fitrianti
Sabrina Fitrianti Mohon Tunggu... Akuntan - Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

Hallo perkenalkan nama saya Sabrina. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan S1 pada jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Jakarta. Saya memiliki hobi menulis. Terima Kasih

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pelatihan Pengelolaan Keuangan Bagi UMKM di Jakarta Timur oleh Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta

19 Agustus 2022   20:20 Diperbarui: 19 Agustus 2022   20:20 119 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta Timur

Jakarta, 03 Agustus 2022, Dosen Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) bersama dengan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Jakarta Timur dan Global Entrepreneur and Professional (GENPRO) DKI Jakarta melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Pusat Promosi Industri Kayu & Mebel (PPIKM), Jatinegara Kaum. 

Kegiatan ini melibatkan 4 orang Dosen Prodi Akuntansi FE UNJ, yaitu Ibu Indah Muliasari, S.E., Ak. M.Ak., Ibu Nuramalia Hasanah, M.Ak, Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak, dan Ibu Marselisa Nindito, SE., M.Sc, Ak., CA. 

Bertemakan “Peningkatan Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jakarta Timur”. Kegiatan ini dihadiri oleh 38 pelaku UMKM binaan Jakpreneur, Pemprov DKI Jakarta. 

Berdasarkan data yang diambil saat proses registrasi peserta, kebanyakan dari pelaku UMKM tersebut memilih bisnis kuliner sebagai usahanya. 

Selain kuliner ada juga yang menekuni bisnis fesyen, kerajinan dan fesyen, sabun cair, kerajinan tangan, pedagang daging, dan penjual alat pemanas air tenaga surya. Usaha tersebut telah ditekuni dalam kurun waktu yang berbeda, mulai dari 2 - 7 bulan, 1 – 8 tahun, 15 tahun, 20 tahun, dan 22 tahun.

Kegiatan ini dilakukan selama satu hari dan diisi oleh dua orang narasumber, yaitu Bapak Triyono CT. NNLP, PCC selaku Pakar UMKM dan Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak selaku Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta serta mengundang Ibu Supriyani S.Gz selalu CEO Barikfri Snack & Cookies untuk memberikan testimoni tentang pencatatan keuangan. 

Turut mengundang pula Ibu Daryatmi, S.H., MM. selaku Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur untuk memberikan Sambutan.

Topik yang dibahas dalam pelatihan kali ini terdiri dari tiga bagian untuk tiap materi yang berbeda. Materi Pertama disampaikan oleh Ibu Supriyani S.Gz sekaligus Testimoni Pelaku UMKM yang telah melakukan pencatatan keuangan, dilanjutkan dengan Materi Kedua dari Bapak Triyono CT. NNLP, PCC tentang Pengelolaan Keuangan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah). Diakhiri dengan Materi Ketiga dari Bapak Aji Ahmadi Sasmi, S.Ak., M.Ak tentang Praktik Aplikasi Keuangan UMKM (Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah).

Selama materi berlangsung peserta sangat antusias sehingga terjalin komunikasi yang  baik antara narasumber dan peserta. Seperti halnya Bapak Nurhadi selaku Owner Batik Suqi yang mengatakan bahwa “Pelatihan ini membuat saya tidak takut lagi untuk melakukan pencatatan keuangan dan saya merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi Buku Warung karena memudahkan saya melakukan pencatatan keuangan dan membuat nota untuk setiap transaksi menggunakan smartphone”. Pak Nurhadi juga mengatakan bahwa kegiatan ini harus terus berjalan karena masih banyak Usaha Kecil yang membutuhkan pelatihan pencatatan keuangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan