Mohon tunggu...
sabrina f n
sabrina f n Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pengaruh Media Sosial terhadap Generasi Muda

10 Agustus 2022   06:28 Diperbarui: 10 Agustus 2022   06:30 85 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Internet hadir sejalan dengan kemajuan teknologi dan kemampuan manusia dalam mempermudah segala aktivitas kehidupan sehari-hari. Keuntungan yang jelas terasa dari hadirnya jaringan komunikasi atau internet adalah kemudahan dalam bertukar informasi dengan siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Media sosial adalah salah satu sarana untuk mewujudkan interaksi sosial tersebut. 

Gampangnya mengakses berbagai macam platform media sosial menjadi faktor laman tersebut berkenan digunakan oleh semua kalangan, terutama generasi muda. 

Kita tidak dapat menutup mata perihal fakta bahwa sebagian besar interaksi sosial generasi muda sekarang ini berlangsung di media sosial bukan lagi di lingkungan sekitar rumah bersama teman sebayanya. Hal ini menunjukan besarnya pengaruh media sosial dalam kehidupan generasi muda.

Media sosial membawa pengaruh positif dan negatif sekaligus bagi generasi muda. Media sosial dapat menjadi wadah generasi muda untuk mengekspresikan diri dan mencari hiburan. 

Selain itu, media sosial dapat dijadikan sebagai sarana untuk membangun jaringan sosial yang dapat memberikan dukungan dan bantuan pada generasi muda. 

Melalui interaksi di media sosial yang mencakup rentang usia cukup luas memungkinkan generasi muda untuk bertukar pikiran antargenerasi. Kegiatan tersebut dapat melatih generasi muda dalam kemampuan berpikir kritis dan mendorong rasa percaya diri untuk berbicara di depan umum. Namun media sosial juga memberi pengaruh negatif bagi generasi muda. 

Dampak negatif media sosial erat kaitannya dengan gangguan kesehatan mental bagi penggunanya.  Gejala gangguan kecemasan berlebih, gangguan tidur, bahkan depresi tak jarang muncul pada generasi muda yang menghabiskan waktu cukup lama di media sosial dalam kesehariannya.

Maka dari itu, generasi muda diharapkan lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Menghindari berbagi informasi pribadi secara berlebihan, menyaring kembali informasi, dan jangan mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang berada di media sosial bisa dijadikan pedoman bagi generasi muda untuk menggunakan media sosial. Menyeimbangkan kehidupan di media sosial dan kehidupan pribadi di dunia nyata juga dapat dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari media sosial.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan