Pelatihan UI/UX Design: Membangun Kreativitas dan Keterampilan Siswa SMKN 5 Semarang di Era Digital
Semarang, 22 Mei 2025 -- Dalam rangka meningkatkan literasi digital di kalangan pelajar, mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dengan tema "Pengenalan UI/UX Design: Membangun Kreativitas dan Keterampilan di Era Digital". Acara ini diadakan di SMKN 5 Semarang yang berlokasi di Jalan Dokter Cipto No. 121, Karangturi, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah.
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, penguasaan keterampilan digital menjadi kebutuhan mendasar bagi semua kalangan, termasuk siswa sekolah kejuruan. Desain antarmuka pengguna (User Interface/UI) dan pengalaman pengguna (User Experience/UX) merupakan bidang yang semakin diminati karena perannya yang krusial dalam pengembangan aplikasi dan website. "Di era digital ini, semua jurusan perlu melek teknologi, termasuk desain digital yang semakin dibutuhkan di berbagai industri," ujar Pak Tyo, salah satu pembicara dalam acara tersebut.
Kegiatan ini diikuti oleh 22 siswa kelas 10 Jurusan Teknik Kelistrikan SMKN 5 Semarang. Menurut Ryan Feryanto, Ketua Pelaksana PKM USM, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar mengenai prinsip-prinsip desain digital serta melatih kreativitas siswa dalam menciptakan solusi visual yang efektif.
Selama kegiatan, siswa diberikan pemahaman tentang materi yang diberikan meliputi:
Konsep Dasar UI/UX dan Penerapannya -- Siswa diajak memahami pentingnya desain yang user-friendly dan prinsip-prinsip dasar dalam merancang antarmuka digital.
Praktik Membuat Wireframe Sederhana -- Peserta belajar membuat kerangka desain (wireframe) sebagai langkah awal dalam perancangan UI/UX.
Eksplorasi Tools Desain Menggunakan Figma -- Siswa diperkenalkan dengan Figma, salah satu software populer untuk mendesain UI/UX, dan diajak mencoba membuat desain sederhana.
Kegiatan berlangsung interaktif dengan metode pembelajaran hands-on, di mana siswa tidak hanya menerima teori tetapi juga langsung mempraktikkan materi yang diberikan. Salah satu peserta, Andi, mengungkapkan, "Awalnya saya pikir desain digital hanya untuk jurusan multimedia, tapi ternyata sangat berguna untuk bidang lain juga. Saya jadi tertarik untuk belajar lebih lanjut." Diharapkan, pelatihan ini dapat menjadi langkah awal bagi siswa untuk mengembangkan kompetensi di bidang digital, sekaligus membuka peluang baru di dunia kerja maupun wirausaha berbasis teknologi.
Dokumentasi kegiatan berupa foto-foto yang terlampir menunjukkan antusiasme para siswa SMKN 5 Semarang saat mengikuti pelatihan, mulai dari sesi penyampaian materi, praktik pembuatan wireframe, hingga eksplorasi tools desain menggunakan Figma. Foto-foto tersebut menjadi bukti nyata keterlibatan aktif peserta dalam kegiatan pembelajaran interaktif yang diselenggarakan oleh tim PKM USM.