Mohon tunggu...
Ryan F Wijaya
Ryan F Wijaya Mohon Tunggu... Penulis - Peneliti

Pemerhati Perkembangan Media Baru, Peneliti PUSAD UMSurabaya

Selanjutnya

Tutup

Digital Artikel Utama

Add Yours Hanya Fitur, Pengguna yang Mengatur

30 November 2021   23:00 Diperbarui: 1 Desember 2021   13:22 296 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi beragam challenge Add Yours yang ramai di Instagram Stories.(KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto)

Instagram sebagai media sosial paling popular ke 3 di Indonesia pada periode pertama 2021 dengan presentase 77% diakses oleh penggunannya (Survei Jakpat, 2021). 

Sama dengan Facebook yang memiliki 77% pengakses dalam periode yang sama, terpaut 5% dari youtube yang diakses hingga 82% oleh masyarakat di Indonesia.

Sebagai media sosial yang banyak di akses maka tidak salah jika Instagram sering melakukan penambahan fitur-fitur baru yang ada di dalamnya, dari penambahan fitur music dalam story, fitur reels yang mirip dengan TikTok dan yang baru-baru ini adalah Add Yours.

Add Yours adalah fitur terbaru dari Instagram yang dapat digunakan penggunanya untuk melakukan percakapan di stories yang dia buat dengan followersnya. Dengan bentuk sticker berbalas dengan memberikan sebuah kata atau pertanyaan dalam kolom teks yang dapat di ikuti atau dibalas oleh followers.

Saat ini Add Yours secara bertahap diuji cobakan oleh pengguna di Jepang dan Indonesia, fitur baru itu ternyata kerap dijadikan kuis atau challange oleh para pengguna. Sehingga menimbulkan beberapa ketidaknyamanan bagi pengguna lainnya.

Maka dalam hal ini muncullah pertanyaan, apakah fitur dari sebuah aplikasi menjadi salah apabila mengakibatkan sesuatu yang mengakibatkan kerugian terhadap pengguna lainnya? Atau karena kurang cermat dan telitinya pengguna dalam mengoprasikan fitur tersebut sehingga timbul kerugian yang dirasakan?

Media sosial dapat dikendalikan

Media sosial sebagai sebuah instrumen komunikasi berbasis aplikasi internet yang memungkinkan terjadinya interaksi antara sesama manusia dalam bentuk komunikasi-pertukaran informasi. 

Arti lain media sosial menurut Chris Garrett adalah alat, jasa dan komunikasi yang memfasilitasi hubungan antar orang dengan satu sama lain dan memiliki kepentingan yang sama.

Sedangkan menurut Sam Decker memaknai media sosial adalah sebuah konten digital dan interaksi yang dibuat oleh dan antara satu sama lain. Media sosial sebagai alat pendukung komunikasi antara satu individu ke individu lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan