Mohon tunggu...
Ruth NatasyaNovianti
Ruth NatasyaNovianti Mohon Tunggu... Jurnalis - Student at UPN Veteran Jawa Timur, intern in Tirto.id as a reporter, intern in Erista Dwitiga Teknologi as a writer.

Sangat suka traveling, gaya hidup, dan sosialisasi ke masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Cara Unik Kota Surabaya Merayakan Hari Pahlawan

10 November 2022   11:56 Diperbarui: 10 November 2022   11:58 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kamis, 10 November 2022 -- 10.42 WIB

SURABAYA -- Kota Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan karena sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo (pemuda-pemuda Surabaya) dalam melawan penjajah demi membela dan mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Hal tersebut juga tergambar pada ikon Kota Surabaya.

Sebelumnya, di hari Rabu kemarin (9/10), sudah diadakan kegiatan tabur bunga di 4 taman makam pahlawan yang ada di Surabaya, seperti Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Surabaya, makam Bung Tomo, Taman Makam Pahlawan Ngagel, dan  makam WR Supratman. Hal ini dilakukan dalam rangka untuk menyambut Hari Pahlawan besok (10/10).

Taman Makam Kusuma Bangsa (Foto oleh Ruth Natasya N. S.)

Tujuan dari acara tabur bunga ini adalah mengharagai,menghormat, dan mengingat jasa para pejuang yang telah gugur di pertempuran 10 November 1945 yang lalu. Acara ini dipimpin oleh Walikota Surabaya Eri Cahyadi.

Diikuti oleh forum pimpinan daerah kota Surabaya yang terdiri dari, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) Kejaksaan Negeri Surabaya, Kejaksaan Negeri Tanjung Perak, Polrestabes Surabaya, Polres Tanjung Perak, DPRD kota Surabaya, dan  Kodim Surabaya Timur, Surabaya Utara,  Surabaya Selatan, bersama dengan perangkat daerah kota Surabaya. Selain itu, terdapat beberapa masyarakat Surabaya juga.

Pada hari ini (10/10), Kota Surabaya kembali merayakan Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan, penghormatan, serta mengenang jasa para pahlawan yang sudah gugur. Bentuk perayaan Hari Pahlawan ini dimulai dengan adanya upacara di Balai Kota Surabaya pukul 07.00 WIB.

Pada upacara ini, Pemerintah kota (Pemkot) Surabaya membuka kuota sebanyak 600 peserta bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara secara langsung di Balai Kota Surabaya. Uniknya, dalam upacara ini para peserta upacara mengenakan kostum pejuang untuk menambah kemeriahan hari Pahlawan.

Setelah melakukan upacara akan dilanjutkan dengan acara parade dan drama kolosal musikal. Menurut Tjohyo Susongko, salah satu masyarakat Surabaya yang ikut serta dalam acara perayaan Hari Pahlawan hari ini, perayaan ini juga bertujuan untuk menghibur masyarakat. Walaupun ada suasana sedih karena mengingat perjuangan para pahlawan tapi masyarakat juga harus tertap semangat memerjuangkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia seterusnya.

Ruth Natasya Novianti Siagian

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun