Mohon tunggu...
RutanTemangggung1
RutanTemangggung1 Mohon Tunggu... Administrasi - PNS

Berselancar di dunia maya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Kegiatan Bimbingan Kerja Bagi Warga Binaan di Rutan Temanggung

1 September 2022   09:23 Diperbarui: 1 September 2022   09:34 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dalam mewujudkan  fungsi  pembinaan yang efektif untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama  berada di dalam rutan, jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Temanggung terus melakukan pembinaan kemandirian bagi warga binaannya. Hal ini dilakukan dengan harapan bahwa nantinya WBP Rutan Temanggung akan menjadi pribadi yang berkarakter baik/patuh dan memiliki keterampilan/kecakapan sebagai bekal mencari nafkah/penghasilan yang halal dan baik setelah bebas dari Rutan Temanggung.

Di Rutan Temanggung sendiri terdapat 3 (tiga) orang WBP yang mengikuti kegiatan pembinaan kemandirian berupa bimbingan kerja (bimker). Harsoyo merupakan petugas Rutan Temanggung yang mengawal kegiatan bimbingan kerja WBP Rutan Temanggung. Tidak hanya mengawal, Harsoyo juga memberikan pelatihan langsung kepada para warga binaan, seperti membuat kanopi, membuat pagar tralis, dan yang terbaru adalah membuat lemari.

Harsoyo menuturkan bahwa untuk sementara ini kegiatan bimker hanya membuat barang barang untuk di pakai kantor saja, belum menerima untuk pesanan dari luar. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa semakin terampilnya para warga binaan, mereka kedepannya bisa memproduksi barang yang dapat dikirim keluar rutan.

Edi, salah seorang warga binaan yang mengikuti kegiatan bimbingan kerja mengaku senang. Selain membuang rasa jenuh, kegiatan ini juga bisa menambah pengalaman.

"Nanti kan saat saya sudah keluar dari Rutan Temanggung, saya bisa menciptakan lapangan pekerjaan." Tambah Edi.

Dengan adanya pelatihan dan bimbingan kerja di Rutan temanggung, para warga binaan dapat melakukan hal-hal yang positif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun