Mohon tunggu...
RUTAN PELAIHARI
RUTAN PELAIHARI Mohon Tunggu... Editor - Humas Rutan kelas IIB Pelaihari
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pelaihari merupakan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selata

Selanjutnya

Tutup

Hukum

Lakukan Inspeksi Tengah Malam, Karutan Pastikan Petugas Selalu Siap Siaga

2 Desember 2022   13:28 Diperbarui: 2 Desember 2022   13:34 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dok. Humas Rutan Pelaihari

Guna memastikan kondisi tetap kondusif, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Rutan Kelas IIB Pelaihari, Rahmad Pijati melaksanakan inspeksi kesiapsigaan petugas pengamanan di malam hari serta melakukan kontrol keliling area rutan. Kegiatan ini menindaklanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel dan Kepala Divisi Pemasyarakatan melalui zoom meeting kegiatan "Kalapas dan Karuta Menyapa" pada Kamis malam pukul 00.00 wita yang diikuti oleh seluruh kepala UPT Pemasyarakatan se-Kalimantan Selatan.

Dalam arahannya, Kakanwil, Lilik Sujandi menghimbau kepada kalapas/karutan beserta jajaran agar meningkatkan kewaspadaan petugas dalam bertugas, mengendalikan kondisi rutan/lapas agar selalu kondusif, menjalin komunikasi yang baik antar sesama petugas maupun terhadap warga binaan, serta tanggap terhadap potensi yang dapat menimbulkan gangguan kamtib.

Atas arahan tersebut, Rahmad Pijati didampingi Kepala Kesatauan Pengamanan Rutan segera melakukan kontrol di sejumlah pos penjagaan guna memastikan petugas berada di tempat dan dalam kondisi siaga. Dimulai dari petugas P2U, dilanjutkan Komandan Jaga dan petugas Pos Blok, serta petugas pos atas, Karutan menjalin komunikasi sekaligus mengingatkan para petugas agar bekerja sesuai SOP dan menghindari penyalahgunaan wewenang serta diskriminasi kepada warga binaan.

Selanjutnya kontrol dilakukan pada area dapur dan blok hunian warga binaan pemasyarakatan. Karutan memastikan hak-hak warga binaan terpenuhi dan tidak adanya WBP yang tidak tidur karena sakit maupun ada keluhan-keluhan lain yang mengganggu kenyamanan warga binaan.

"Dari seluruh inspeksi malam ini, para petugas telah menjalankan SOPnya masing-masing dan dinilai tanggap jika terjadi hal-hal yang menimbulkan gangguan kamtib. Situasi blok hunian juga terpantau kondusif terlihat dari WBP semua tertidur dengan nyaman", terang Pijati.

Selain itu, Karutan juga menyampaikan, bahwa inspeksi tengah malam ini sebelumnya telah rutin dilakukan tiap malam oleh para pejabat struktual secara bergantian. Hal ini untuk mencegah terjadinya gangguan kamtib terutama di jam-jam rawan.

"Kontrol malam ini sangat penting dilakukan apalagi mendekati akhir tahun, tahun baru, maupun hari hari besar banyak kerawanan yang terjadi. Sehingga kontrol malam ini akan dilakuakan terus menerus", pungkas Pijati.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hukum Selengkapnya
Lihat Hukum Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun