Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Administrasi - Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Anak Diceritakan, Anak Bercerita

3 Juli 2022   10:14 Diperbarui: 3 Juli 2022   10:16 115 12 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Zakia dan Kaysan menjadi narsum di RRI Sungsiliat (dokpri)

Ketika anak sudah terbiasa sejak usia dini maka akan tertanam hingga terbawa pada usia dewasa, diantaranya anak diceritakan orang tua dalam bentuk mendongeng sebelum ia bisa membaca setelah bisa membaca ia akan ganti bercerita.

Pustakawan kabupaten Bangka Yusnita mengatakan, menanamkan kebiasaan membaca dimulai usia anak bahkan sejak hamil ibu sudah memperdengarkan nilai-nilai yang baik kepada bayi yang masih dalam kandungan.

Sejak kecil dicotohkan dengan ha-hal  yang baik seperti orang tua sering membaca maka anak akan mengikuti, untuk itu peran orang tua sangat penting.

Menurut Yusnita anak jangan dipaksakan tapi berikan kebebasan bila suka membaca komik berikan komik namun tetap dalam pengawasan orang tua dan biasakan membaca termasuk dalam menggunakan gaget.

Hal itu diungkapkan dalam dialog Ruang Pustaka RRI Sungailiat bersama dua orang anak berprestasi dalam bercerita yakni Zakia Minang Ayu (8 tahun) dan Kaysan Ahyan Fadil (11 tahun) serta pustakawan kabupaten Bangka lainnya Fitri.

Zakia membenarkan apa  yang disampaikan Yusnita bahwa ia bercerita karena suka membaca buku cerita dan peran oranng tua yakni ibunya yang bergerak diliterasi anak.

"Sudah dibiasakan suka membaca sejak masih di taman kanak-kanak," ungkap Zakia yang saat ini sudah memiliki acara tetap di RRI Sungailiat sebagai penyiar.

Zakia juga pernah keluar sebagai Juara bercerita di RRI pada tahun 2021

Karena sejak taman kanak-kanak sudah terlatih membaca, bercerira dan tampil diberbagai acara sehingga tumbuh rasa percaya diri Zakia.

Lain lagi Kaysan, siawa  kelas 5 SD ini yang baru saja keluar sebagai juara 2 bercerita tingkat kabupaten Bangka yang memulai kegemaran menbaca dan bercerita satu tahun lalu ketika kelas 4 SD.

Kaysan memulainya setelah bergabung dalam kelompok Literasi Anak yang  sudah 6 bulan bersama anak-anak lainnya yang diasuh pegiat literasi Ira Esmeralda yang juga ibubda dari Zakia..

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan