Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Anggota Satpol PP Bangka Tewas Tenggelam Saat Mancing

30 Mei 2020   13:52 Diperbarui: 30 Mei 2020   14:06 66 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anggota Satpol PP Bangka Tewas Tenggelam Saat Mancing
Korban tenggelam berhasil evaluasi (dokpri)

 

Obyek wisata di kawasan pantai Timur Sungailiat di tengah pandemi Covid-19 sepi dari pengunjung. Namun bagi para pemancing tetap menyalurkan hobi kendati kondisi cuaca yang kurang baik kadang mengalami gelombang pasang.

Pemancing mengambil spot yang banyak ikannya di antaranya di pantai Tikus Emas berjarak sekitar 6 km dari kota Sungailiat  yang berhadapan langsung dengan Puri Tri Agung, salah satu obyek wisata favorit wisatawan yang berkunjung di kabupaten Bangka. Batu granit yang berada di tepi pantai maupun batu karang yang berada beberapa meter dari pantai dijadikan tempat para pemancing mengambil posisi terbaiknya.

Demikian pula yang dilakukan Iqbal Rahman  (25 tahun) bersama 2 0rang temannya. Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka ini mengalami nasib naas yakni musibah tenggelam di perairan pantai Tikus Emas. Peristiwa ini terjadi Sabtu (30/5) sekitar pukul 02.30 Wib dini hari dan jasat Iqbal di temukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 06.30 wib.

"TKP pantai Tikus pas dibawa Puri Tri Agung, 2 orang korban. Korban mancing. nyeberang dibantu," kata M Achin, relawan bencana pimpinan Laskar Sekaban yang turut mengefakuasi korban. 

Diduga korban terpeleset di batu granit, bisa karena licin dan bisa pula karena gelombang tinggi yang menyeret korban hingga tenggelam. Satu orang lain Rido ditemukan selamat dalam keadaan lemas merupakan warga Sripemandang Sungailiat.

Jenazah saat ini sudah dibawa ke RSUD Depati Bahrin Sungailiat. Untuk selanjutnya jenazah Iqbal di bawa ke rumah duka di lingkungan Srimenanti 5 Kecamatan Sungailiat. Sedangkan 1 orang korban lainnya  Bama (26 tahun) asal Mentok, Bangka Barat yang belum ditemukan dan masih dalam pencarian tim SAR.

Kondisi cuaca perairan laut pulau Bangka yang tidak menentu saat ini, tidak hanya nelayan yang melaut juga para pemancing yang berada di dekat pantai untuk mewaspadai. Disamping itu kondisi perairan pantai di Sungailiat yang berpalung juga menjadi ancaman tidak hanya bagi pemancing juga wisatawan yang mandi di air laut pantai. Tercatat beberapa wisatawan yang tewas tenggelam menjadi korban saat sedang berenang sebelum ini di pantai Tikus Emas, juga pantai Rambak dan pantai Matras Sungailiat.

Salam dari pulau Bangka. 

Rustian Al'Ansori 

VIDEO PILIHAN