Mohon tunggu...
Rustian Al Ansori
Rustian Al Ansori Mohon Tunggu... Menulis

Pernah bekerja di lembaga penyiaran, berdomisili di Sungailiat (Bangka Belitung)

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Lansia DiRumahAja Aman dari Corona, Jangan Ajak Nongkrong di Luar Rumah

29 Maret 2020   23:13 Diperbarui: 30 Maret 2020   06:10 126 19 4 Mohon Tunggu...

Beberapa pasien positif Corona Covid-19 yang meninggal dunia diantaranya adalah lanjut usia (lansia) yakni di atas usia 70 tahun. 

Dikutip dari berbagai sumber, lansia yang terpapar Corona dan meninggal dunia karena imun tubuh yang menurun. Daya tahan tubuh yang lemah rentan tertular Covid-19. Ditambah dengan penyakit yang diidap seperti jantung, diabetes, darah tinggi dan lain-lain yang memicu lansia positif Corona meninggal dunia.

Saya punya orang tua, yakni papa mertua usia 74 tahun dan mama mertua usia 73 tahun. Mereka harus dijaga. Membuatnya betah berada di rumah. Istriku menyediakan wifi 24 jam. Orang tua kami dapat menikmati internet sepuasnya. Harapan istriku, orang tuanta bisa merasa betah berada di rumah.

Namanya juga orang sudah tua kadang keinginan kita tidak bisa ia terima. Kadang ia nongkrong di luar rumah mengharap kita hadir menemaninya. Bila kita hadir ia akan lebih lama nongkrong di luar rumah mendengar cerita-ceritanya. Ketimbang ia tersinggung, kami berupaya menjauh tetap berada di dalam rumah sehingga ia tidak lama berada di luar rumah. Kalau ia di luar rumah akan banyak memancing orang singgah yakni tetangga dan teman seusianyabturut nimbrung becerita hingga memakan waktu lama.

Kalau saya menghindar tidak ikut nimbrung, jadi mertua dengan sendirinya tidak lama di luar rumah. Begitu pula untuk tidak mengajaknya ke warung, caffe, rumah makan, apa lagi pasar untuk memanjakannya. 

Jadi untuk sementara ditiadakan kegiatan yang banyak orang berkumpul guna mencegah tertular virus Corona. Saatnya menjaga jarak. Bukan bearti memutus silaturahmi, tapi memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Orang tua kami merasa betah berada di rumah sambil menikmati internet dengan ditemani cucu-cucunya. Melalui telepon pintarnya ia dapat menonton portal berita, youtube, mendengar kumandang ayat suci Al Quran dan berbagai aplikasi lainnya. Kami berupaya membuat orang tua kami betah berada di rumah.

Inilah tips singkat menjaga lansia agar tidak tertular virus Covid-19. Membuatnya betah di dalam rumah tapi merasa tidak terpenjara dengan aktifitas yang tidak membosankan. Tetap menjalankan olahraga ringan di halaman rumah dengan senam ringan khusus untuk lansia yang banyak terdapat di youtube sebagai panduan.

Mari kita jaga orang tua kita yang sudah lansia agar selalu sehat dan panjang umur. Menjaga dengan memberikan makanan yang sehat dan isturahat yang cukup. Menciptakan suasana disekitarnya yang aman dan nyaman. Kita juga bila tiba waktunya akan menjadi lansia.

Salam dari pulau Bangka.

Rustuan Al'Ansori

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x