Mohon tunggu...
Rusmana
Rusmana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Tantangan Menulis Blog Ramadhan

25 Maret 2023   11:41 Diperbarui: 25 Maret 2023   11:44 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Khabar info dari graup wa KBMN 28 pemegang punda membuat ajang lomba  blog Ramadhan tentu lamanya satu bulan penuh ( hari pertama puasa dan akhir puasa atau bisa juga hari raya idul Fitri 1444 H ) tentu ketentuan dalam lomba ini ,ya menulis tentang " Ramadhan " tentu saya sendiri ikut untuk menulis ini,tak lain mencoba atau belajar menulis tiap hari agar nanti terbiasa untuk menulis.

Ya mohon maaf jadi lupa deh ,perkenalkan  nama saya : Rusmana ,lahir di Jakarta-barat ,tepatnya di jembatan 2 gang langgar,RT001/07 Kel: Angke ,keca: Tambora ,jak-bar.

Ya ,saya anak ke 2 dari tujuh saudara ,lima laki -laki dan 2   perempuan.alhamdulila,sekarang sudah rumah tangga dan sudah keluar dari rumah orang tua di jakarta barat.ha ha ha yah pekerjaan saya ,seorang guru SMKN 5 jakarta.

Baca juga: Jejak Menulis

Dalam kancah penulisan atau KBMN (kelas belajar menulis Nusantara ) kebetulan alumni KBMN 21 yang hampir sama peserta waktu saya ikut di graup wa peserta banyak juga hampir 250 kurang lebih dan yang mungkin baru lulus 10 kurang lebih nya,ya sebenarnya cepat dan lambat adanya di diri masing-masing.

Dalam hal tantangan saya hampir 3 atau 4 kali tantang menulis tiap hari dari KBMN PGRI yang lamanya 2 bulan ,1 bulan yah Alhamdulillah saya komitmen ikut dan setor tiap harinya,contoh yang pertama saya dapat sertifikat ,waktu itu saya akan buat buku solo berjudul MSDKI ( Menulis sesuai dengan ke inginan ).ya buku sampai sekarang belum cetak atau belum selesai.

Tantangan yang dua bulan yang saya lulus juga menulis tiap hari di bloger atau Kompasiana dan yang hanya tinggal nunggu sertifikat yaitu " Febuari ceria" ini makalah atau judul bukunya "Inovasi Merdeka belajaran dan Merdeka mengajar,yang ternya Buku di Gital yah materi sudah selesai.

Kali ini tantangan saya , insalloh dalam menulis blog Ramadhan saya cita-cita judulnya adalah " awali dengan puisi " mungkin dalam buku solo nanti saya ada beberapa puisi yang di buat selama bulan Ramadhan dalam satu harinya 3 atau 2 puisi bisa di jadikan buku solo kumpulan puisi saja.

Prestasi saya di bidang menulis, yah tidak ada sih ,hanya buku antologi kurang lebih 14 buku dan 2 buah buku solo,dan mudah-mudahan saya lagi garaf buku kurikulum merdeka belajar Fase F dan Alhamdulillah sudah ada sinyal dari penerbit mayor atau sedang proses.

Baca juga: Hari Ketiga

Dok pribadi
Dok pribadi

Buku antologi dengan man teman KBMN atau dengan team solid om Jay.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun