Mohon tunggu...
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri)
Khuriyatul Ainiyah (Bude Ruri) Mohon Tunggu... Guru - Guru SD, Penulis buku

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Awas, Kanker Tiroid di Leher

28 April 2022   08:52 Diperbarui: 3 Mei 2022   12:00 1260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi pemeriksaan tiroid pada leher (Sumber: Freepik)

Menjelang hari raya Idul Fitri seperti ini, teringat enam tahun yang lalu tepatnya tahun 2016 untuk pertama kalinya saya divonis mengidap penyakit kanker tiroid. Saya sendiri kurang memahami berbagai macam penyakit, termasuk apa itu tiroid.

Setelah melahirkan anak ketiga, saya menemukan ada dua benjolan. Satu di belakang telinga, dan yang kedua di leher bagian depan. Tepatnya di bawah jakun.

Karena rasanya tidak sakit, saya pun menyikapinya dengan santai. Namun dengan berjalannya waktu, ternyata benjolan tersebut semakin membesar. 

Akhirnya  saya memeriksakan diri ke dokter, dokter menyatakan harus segera dioperasi. Karena terbatasnya biaya, maka saya mengangkat hanya yang bagian belakang telinga saja.

Akhirnya hari itu juga saya dioperasi. Alhamdulillah, sore hari saya sudah bisa pulang. Satu minggu setelah itu saya kontrol dan hasilnya dinyatakan benjolan itu hanya kelenjar biasa yang tidak bahaya.


Alhamdulillah plong rasanya. Namun, dengan berjalannya waktu ternyata benjolan yang ada di leher depan semakin membesar. 

Waktu itu saya masih menyusui, sehingga  saya menunggu anak saya berumur dua tahun dulu. Karena tidak ada keluhan, maka saya pun tidak panik.

Setelah anak berumur dua tahun kembali saya periksa ke dokter, dan atas sarannya benjolan harus segera diangkat, karena sudah sebesar telur ayam khawatir semakin hari semakin besar. Akhirnya saya pun mengoperasinya.

Dengan kartu askes yang saya punya, saya mendaftarkan diri. Setelah menunggu tiga bulan, akhirnya dihubungi pihak rumah sakit untuk menjalani operasi untuk mengangkat salah satu kelenjar tiroid. Operasi pun berjalan lancar, selama tiga hari saya dirawat di rumah sakit.

Satu minggu setelah itu, saya kembali kontrol, dokter menyatakan kalau benjolan yang ada di leher adalah tumor ganas. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun