Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Metode Pendidikan Karakter, Solusi bagi Siswa yang Mengalami Kondisi Tertentu

19 Oktober 2021   20:03 Diperbarui: 20 Oktober 2021   06:03 291 11 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya penanaman pendidikan karakter pada siswa | Sumber: Global Sevilla School via edukasi.kompas.com

Beberapa artikel sebelumnya saya pernah tuliskan bahwa kewajiban guru tidak hanya mentransfer ilmu pengetahuan terhadap peserta didik, namun diharapkan dapat merubah sikap dan karakter siswa dari yang kurang baik menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan tujuan belajar, yaitu adanya proses perubahan perilaku siswa menjadi lebih baik.

Setiap pesera didik adalah unik, artinya mereka mempunyai karakter yang berbeda. Mereka tumbuh pada lingkungan dan latar belakang keluarga yang berbeda pula, itulah sebabnya guru harus mempunyai formula untuk menghadapi segudang karakter yang dimiliki siswa.

Seperti biasa, sebelum bel sekolah berdentang, anak-anak bermain sepak bola di halaman sekolah, menurutku ini kebiasaan baik, karena jam masih pagi, dari pada bergerombol dengan para penjual jajanan lebih baik bermain sekaligus berolahraga.

Tiba-tiba netraku tertuju pada salah satu siswa yang duduk sendirian di depan kelas. Dia Fata siswa kelas lima yang selalu aktif bermain sepak bola.

Bahkan menurut cerita rekan guru, ketika Fata duduk di kelas tiga, ia pernah menjuarai sepak bola di tingkat kecamatan, Fata menjadi pemain inti di klub sepak bola sekolah.

Hari itu dia menyendiri sambil melihat teman-temannya bermain, tidak seperti biasa Fata semurung ini, saya mencoba bertanya, "Loh, Fata tumben kamu tidak ikut bermain?"

"Tidak bu," jawabnya pendek

"Mengapa?"

"Tidak apa-apa, bu"

Fata menyembunyikan keadaannya, tidak seperti biasa dia bersikap seperti ini, dia anak yang aktif, dewasa, menjadi jagoan diantara teman-temannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan