Mohon tunggu...
Bude Ruri
Bude Ruri Mohon Tunggu... Guru - Guru SD

Hidup bermanfaat lebih beruntung

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Metode Pembelajaran Behavior, Solusi bagi Siswa yang Suka Bolos

4 September 2021   09:36 Diperbarui: 5 September 2021   09:37 328 12 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metode Pembelajaran Behavior, Solusi bagi Siswa yang Suka Bolos
Ilustrasi suasana pembelajaran di ruang kelas| Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Kesuksesan peserta didik dalam belajar tidak hanya dilihat dari hasil pemahaman akademiknya. Namun, dilihat juga dari perubahan perilakunya. 

Tanggung Jawab sebagai guru memang tidak mudah, selain mengajar juga berkewajiban  mendidik, menanamkan karakter dan akhlak yang baik adalah bagian utama yang tidak boleh diabaikan.

Selain mentransfer ilmu juga bertanggung jawab terhadap perilaku peserta didik, dari kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik. Untuk mengubah perilaku peserta didik saya menerapkan metode pembelajaran behavioristik di sekolah tempat saya mengajar.

Pengertian metode pembelajaran behavioristik

Teori pembelajaran behavioristik merupakan salah satu teori pemebelajaran yang berkembang sejak abad ke-19. Eka Viandari dalam blognya menjelaskan bahwa, "Teori belajar behavioritis adalah teori belajar yang mengedepankan perubahan perilaku peserta didik sebagai hasil proses pembelajaran. Terjadinya perubahan tingkah laku diakibatkan oleh adanya interaksi antara stimulus dan respon. Teori belajar ini berorientasi pada perilaku yang lebih baik."

Model pembelajaran behavioristik terdengar tampak kolot, tetapi masih banyak digunakan dalam implementasi dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini bisa kita temui dalam pembelajaran di sekolah taman kanak-kanak, sekolah dasar, bahkan sekolah menengah.

Walaupun menurut banyak informasi, teori ini kurang menekankan aktivitas secara kognitif pada anak. Dan mulai bergeser ke teori pembelajaran kognitivisme, saya tetap berusaha mengombinasikan pembelajaran perilaku dan akademis.

Suasana kelas waktu pembelajaran| Dokumentasi pribadi
Suasana kelas waktu pembelajaran| Dokumentasi pribadi

Penerapan teori pembelajaran behavioristik

Metode pembelajaran behavioristik sangat cocok saya terapkan di sekolah saya, karena sekolah dasar adalah awal mula perilaku baik dibentuk. Walaupun pada dasarnya adalah dari keluarga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan