Mohon tunggu...
Rumah Tahanan Negara Masohi
Rumah Tahanan Negara Masohi Mohon Tunggu... Penegak Hukum - Akun Resmi Rumah Tahanan Negara Masohi dikelola oleh tim humas

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Masohi adalah Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum Dan HAM RI

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Layanan Wartelsuspas di Rutan Masohi Jadi Primadona Tahanan Baru

30 September 2022   16:23 Diperbarui: 30 September 2022   16:24 54 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahanan baru di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi dan telah menyelesaikan masa karantina 14 hari memanfaatkan Warung Telepon Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas) untuk menghubungi keluarga di luar Rutan. Saat ini, Rutan Masohi memiliki dua bilik telepon dengan masing-masing satu perangkat telepon yang dapat digunakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara gratis dan terjadwal.

Walau layanan kunjungan tatap muka secara terbatas sudah kembali dibukanya, layanan Wartelsuspas tetap menjadi ramai kunjungi. Penanggung jawab Wartelsuspas, Ahmad Ilham, menyampaikan hal tersebut dikarenakan tempat tinggal keluarga WBP yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dari Kota Masohi sehingga tidak bisa datang langsung untuk mengunjungi para WBP.

"Sebagai satu-satunya Rutan di Pulau Seram, layanan Wartelsuspas kerap digunakan para tahanan untuk menghubungi penasihat hukum maupun pengacara guna kelancaran jalannya persidangan," jelas Ilham, Jumat (30/9).

Penggunaan layanan telepon bagi WBP di Wartelsuspas Rutan Masohi dijadwalkan antar blok hunian setiap harinya untuk mengurangi antrean panjang. Setiap WBP diberikan kesempatan 15 menit untuk melakukan komunikasi dengan keluarga.

"Layanan telepon di Wartelsuspas sebagai salah satu upaya kami umemberantas masuknya alat komunikasi ke kamar hunian. Maka, harus diimbangi dengan penyediaan sarana yang dapat menggantikan kebutuhan komunikasi WBP," tambah Ilham.

Wartelsuspas Rutan Masohi memiliki satu tahanan pendamping yang sudah diberikan Surat Keputusan melalui Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan. Dengan demikian, penggunaan telepon WBP tetap tercatat dengan baik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan