Mohon tunggu...
Rully Moenandir
Rully Moenandir Mohon Tunggu... TV and Movie Worker

Seorang ayah dari 4 anak yang bekerja di bidang industri televisi dan film, serta suka sekali berbagi ilmu dan pengalaman di ruang-ruang khusus sebagai dosen maupun pembicara publik. Baru buat blog baru juga di rullymoenandir.blogspot.com, setelah tahun 2009 blog lamanya hilang entah kemana.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Sekelumit Sejarah Mercedes Benz

11 Februari 2020   14:11 Diperbarui: 11 Februari 2020   15:35 141 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekelumit Sejarah Mercedes Benz
oracle.com


Mengenal Mercedes Benz tentu tidak akan terlepas dari nama pendirinya, Karl Benz (dalam ejaan Inggris ditulis Carl Benz).

Pria bernama lengkap (nama baptis) Karl Friedrich Benz - kelahiran Mhlburg-Karlsruhe, Jerman pada 25 November 1844 ini adalah anak dari seorang insinyur kereta api yang meninggal karena pneumonia ketika ia masih berusia 2 tahun. Penghasilan yang diterima ibu Benz setelah kematian suaminya terbilang kecil, dan Benz saat itu ikut membantu menghidupi keluarganya.

Sebagai anak laki-laki yang besar di dunia teknisi, Benz terpesona dengan teknologi. Ia pun akhirnya mampu menggunakan bakatnya di bidang ini untuk menghasilkan uang ekstra. Pekerjaannya yang paling awal adalah memperbaiki jam tangan dan jam dinding, kemudian ia membangun sebuah kamar gelap tempat dia akan mencetak foto-foto untuk para turis yang mengunjungi Schwarzwald atau "Black Forest", kota di dekatnya.

Keilmuan tentang teknik ia peroleh juga saat di sekolah, dimana ia bekerja sebagai asisten guru fisika. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikannya di Karlsruhe Polytechnic dan kemudian bekerja untuk sebuah pabrik mesin. Benz memiliki tujuan yang sangat spesifik untuk bekerja di pabrik mesin; ia bermimpi membuat "kereta tanpa kuda". Setelah mengumpulkan data dan pengalaman yang cukup, pada tahun 1871 ia pindah ke perusahaan kereta dan pompa di Mannheim, Jerman. Pada 1872 Benz membuka toko mesinnya sendiri dan menikahi Berta Ringer.

====

Benz cukup sukses sebagai pebisnis. Ia berhasil menjalankan usahanya dengan menjual sejumlah besar mesin dan memenangkan kepercayaan investor. Dengan dukungan keuangan inilah, ia mendirikan Mannheim Gas Engine Manufacturing Company, yang tujuannya untuk digunakan sebagian dalam mengembangkan "kereta tanpa kuda" impiannya tadi.

Meskipun usahanya cepat menghasilkan keuntungan, para investor ini tidak ingin dia menghabiskan sumber daya berharga untuk riset dan percobaan cita-cita Benz. Akhirnya, karena tidak berhasil melawan keputusan mereka, Benz memilih meninggalkan perusahaan. Dia dengan cepat kembali merintis dan menemukan investor baru dan mendirikan bisnis ketiga, "Benz and Company" pada Oktober 1883.

Perusahaan itu menjual mesin gas stasioner, dimana investor baru ini juga bersedia mendukung pembuatan ide "kereta tanpa kuda" selama tidak mengurangi produksi utama mereka.

Setelah dua dekade merencanakan "kereta tanpa kuda", Benz akhirnya memiliki sumber daya untuk mewujudkannya. Pada tahun 1885, ia memulai debut mobilnya; roda tiga bermotor yang revolusioner terutama untuk penggunaan mesin pembakaran internal bertenaga bensin. Sebelumnya, kendaraan bergerak memang telah dikembangkan dengan mesin uap, tetapi mesin pembakaran internal menandai terobosan penting bagi mobil.

Ini memberikan efek yang lebih ringan, lebih kompak, dan lebih efisien untuk menyalakan kendaraan. Itulah  yang membuat mobil Benz produk konsumen yang benar-benar praktis dan menarik. Karena alasan ini, banyak yang menganggap "kereta tanpa kuda" bermotor milik Benz sebagai mobil pertama di dunia.

====

Fitur penting lain dari kendaraan Benz adalah sistem pengapian listrik yang menggunakan baterai untuk menghidupkan mesin. Sistem ini menjadi model dasar untuk semua sistem pengapian selanjutnya pada kendaraan bermotor saat ini.

Selain itu, "kereta tanpa kuda" Roda tiga buatan Benz ini juga dilengkapi dengan karburator, kemudi rack-and-pinion, sistem pendingin air, dan pegas belakang sebagai kelenagkapan mesin penggeraknya tadi.

Karl dan Bertha pada perkenalan mobil pertama (mercedes-benz.com)
Karl dan Bertha pada perkenalan mobil pertama (mercedes-benz.com)
Benz mengadakan demonstrasi publik pada musim gugur 1885 untuk mempromosikan penemuannya, meskipun ia mengklaim telah pertama kali menggunakannya pada musim semi sebelumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN