Mohon tunggu...
Papa Hiu
Papa Hiu Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

www.papahiu.web.id

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Penemuan Gua Stalaktit Gumbasalu, Taruhan Nyawa

16 Maret 2019   16:30 Diperbarui: 16 Maret 2019   16:38 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gua Gumbasalu, tepatnya berada di perbatasan Donggala dan Pasangkayu, merupakan salah satu gua yang wajib untuk dikunjungi  para pencinta petualang menantang, yang senang dengan wisata extream. Dari informasi yang saya dapatkan terdapat beberapa lokasi gua di daerah ini. Namun berhubung informasi yang kami peroleh mengenai akses kelokasi kurang, sehingga yang bisa kami temukan hanya satu.
Memasuki gua gumbasalu dari arah jalan trans, terdapat petunjuk ke arah lokasi, namun hal tersulit menemukan letak gua yang berada di antara kebun cokelat milik warga. Tidak ada petunjuk lagi yang kami dapatkan sehingga harus menanyakan kepada salah satu penduduk, sehingga kami diarahkan melewati jalan setapak diantara kebun-kebun cokelat dan semak belukar.
Saya anjurkan untuk punya kompas, sekedar jaga-jaga. kalo tersesat dikebun cokelat! karena area ini jarang dikunjungi membuat gua gumbasalu tidak memiliki akses yang cukup untuk bisa dilewati. Letak mulut gua yang tertutup semak belukar akan sangat mempersulit menemukan gua ini, namun untungnya kami dapat menemukan pintu masuk gua dengan cepat. Walaupun demikian, pencarian terbilang tidaklah mudah.
Gua Gumbasalu terbilang extream karena jarang dikunjungi sehingga timbul sedikit ketegangan saat memasuki pintu gua. Karena rasa penasaran yang cukup tinggi kamipun segerah masuk. Pertama berada di dalam gua kita akan disambut ratusan kelelawar penghuni gua yang berhamburan terbang, dan bergantungan di atap gua.
Sepanjang menyusuri lorong-lorong gua yang sangat kecil terasa oksigen mulai menipis, akan menambah sensasi ketegangan. Namun pada ahirnya kita pun berada pada pemandanga Stalaktit Gua Gumbasalu membayar ketegangan selama menelusuri gua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun