Mohon tunggu...
Rudy W
Rudy W Mohon Tunggu... dibuang sayang

Kutuliskan lagu ini Kupersembahkan padamu Walau pun tiada indah, syair lagu yang kugubah Kuingatkan kepadamu, akan janjimu padaku

Selanjutnya

Tutup

Birokrasi Pilihan

Maraknya Korupsi di Timor Leste, Indonesia dan Gereja Dikambinghitamkan

9 Februari 2021   10:05 Diperbarui: 9 Februari 2021   10:24 1249 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Maraknya Korupsi di Timor Leste, Indonesia dan Gereja Dikambinghitamkan
Perbatasan Indonesia dan Timor Leste (jpnn.com)


Setelah dua puluh tahun merdeka dari pendudukan Indonesia, Timor Leste (dulu Timor Timur) ternyata masih berkutat dengan kemiskinan dan kelaparan.

Republik Demokratik Timor Leste dalam rilis terbaru UNDP (United Nations Development Programme) ditempatkan di urutan ke 152 dari 162 negara termiskin di dunia. Global Hunger Index bahkan mengklaim Timor Leste sebagai negara terlapar di dunia setelah Chad di Afrika Tengah.

Indeks Pembangunan nya ada di angka 133.

Para pengamat mengatakan penyebab kemiskinan di Timor Leste disebabkan karena adanya konflik politik dan korupsi yang merajalela.

Seorang peneliti dari Selandia Baru yang datang ke Timor Leste mengatakan terdapat kesenjangan yang nyata antara kehidupan di Dili dengan kota-kota lainnya di negara mantan propinsi Indonesia yang ke 27 itu.

Indeks korupsi Timor Leste berada di posisi ke 38 pada tahun 2019. Semakin kecil indeks itu maka semakin tinggi lah skandal korupsi di suatu negara.

Jika di Indonesia kita mengenal apa yang disebut dengan KKN (Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme) yang sempat merajalela di Indonesia, maka di Timor Leste sekarang ini "trending topic" apa yang disebut dengan CNC (Corruption, Nepotism, and Cronism) yang sedang merajalela.

Sejatinya sejak merdeka dari Indonesia bukannya Bumi Lorosae tidak ada kemauan untuk memberantas CNC. Jika di Indonesia kita kenal dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk memberangus korupsi, maka di Timor Leste CAC, alias KPK nya Timor Leste.

Seperti diketahui dalam sebuah referendum yang digelar PBB pada 30 Agustus 1999, hampir 80 persen rakyat Timor Timur memilih untuk merdeka dari pendudukan Indonesia.

Timor Timur sendiri resmi menjadi sebuah pada 20 Mei 2002.

Akan tetapi CAC ini belum terlihat adanya menjala ikan, baik ikan besar maupun ikan kecil, seperti yang sering kita dengar beritanya kinerja KPK di media.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x